Kota Tasik Kembali Sukses Raih Penghargaan Kota Peduli HAM

56
Ket foto: Mayat tanpa busana yang ditemukan mengambang disebuah kamar rendam

Jurnalis : Tono Efendi

SOLO, (KF) –  Pemerintah Kota Tasikmalaya kembali sukses menerima penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, sebagai kota peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tahun 2016. Hebatnya lagi Penghargaan ini diterima Kota Tasikmalaya sudah 5 kali berturut turut menerima penghargaan tersebut.

Penghargaan diterima langsung oleh Walikota Tasikmalaya Drs.H.Budi Budiman dari  Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, pada acara peringatan Hari HAM se-dunia tahun 2017 di Hotel The Sunan, Solo, Minggu (10/12).

Seusai menerima penghargaan, Walikota Tasikmalaya mengaku bersyukur dan bangga, Kota Tasikmalaya kembali mendapat Penghargaan dari Pusat karena prestasinya.

“Alhamdulillah Kota Tasikmalaya sudah 5 Tahun berturut-turut mendapat penghargaan Kota Peduli HAM (Hak Asasi Masyarakat) dari Menkumham RI”, ucap Walikota Budi Budiman.

Ia juga mengatakan dengan penghargaan ini harapannya bisa memotivasi lagi kinerja Pemerintah Kota Tasikmalaya terutama dalam hal HAM.

Budi menambahkan bahwa penghargaan tersebut merupakan hadiah dari Pemerintah Kota Tasikmalaya bagi masyarakatnya sebagai bukti peningkatan kinerja Pemerintah pada segala Bidang VB terutama sektor Hukum dan HAM di Kota Tasikmalaya.

Selain Kota Tasikmalaya  Penghargaan serupa juga diterima oleh 232 daerah dari provinsi, kota, dan kabupaten yang masuk kategori peduli HAM, dan 84 kategori cukup peduli HAM.

Pada Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia yang  mengangkat tema “Kerja Bersama, Peduli Hak Asasi Manusia Untuk Indonesia Maju Sejahtera” ini Hadir pula Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah berkomitmen mendorong peningkatan soal HAM hingga ke daerah dan hal itu terlaksana melalui Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) memasuki generasi ke-4.

“Tahun 2017, aksi HAM di daerah hingga saat ini mencapai 52,26 persen, dan diharapkan di akhir tahun ini pemerintah daerah dapat mempercepat pelaksanaan aksi HAM daerah hingga mencapai 100 persen,” ucap Jokowi.

Editor: Beny

BAGIKAN