Kuliah Umum Wakapolda Jabar di UNIGAL Ciamis Sebagai Pencerahan

77
Ket foto : Istimewa

CIAMIS, (KF).- Ada begitu banyak para pakar dari berbagai bidang ilmu ingin datang ke Universitas Galuh (UNIGAL) Ciamis untuk memberikan pencerahan kepada civitas akademika UNIGAL, namun belum banyak yang memperoleh kesempatan itu.

Oleh karena itu, kita patut syukuri bahwa pada Kamis (14/3/2019) lalu salah seorang Perwira tinggi bintang satu di Jawa Barat yang juga putra daerah terbaik asal Kota Tasikmalaya Brigjen.Pol.Dr.Akhmad Wiyagus,S.IK, M.Si,MM memberikan secara langsung kuliah umum kepada civitas Akademika UNIGA, seorang Wakapolda Jawa Barat yang memberikan materi tentang penegakan Hukum di Indonesia.

Hal tersebut dikemukakan Kuasa Hukum dan Advokasi UNIGAL Ciamis H.Asep Heri Kusmayadi,SH,. saat bincang bincang dengan koran-fakta.com Sabtu (16/3/2019) sore tadi dikantornya.

Menurut H.Asep, kunjungan Wakapolda Jabar sekaligus memberikan Kuliah Umum tentang Penegakan Hukum di Indonesia bagi civitas akademika UNIGAL yang hadir saat itu sekitat 500 dan tidak hanya berasal dari fakultas hukum saja, namun dari berbagai disiplin ilmu pada fakultas lain di UNIGAL.

“Hal ini dimaksudkan agar semua civitas dapat mengetahui tentang penegakan hukum di Indonesia serta bagaimana agar kita bisa memproteksi diri untuk tidak melakukan hal-hal yang melanggar aturan hukum,” jelas H.Asep.

Selanjutnya masih kata dia, dirinya sangat percaya ada tanggung jawab lebih bagi Perguruan Tinggi untuk tidak sekedar mentransfer ilmu pengetahuan dan mencetak tenaga-tenga ahli pada bidangnya saja, tapi sekaligus juga mengupayakan agar generasi penerus yang akan menjadi cendikiawan dan pemmpin di Indonesia pada giliarannya nanti memiliki intregritas yang kokoh.

Oleh karena itu, para mahasiswa sebagai kaum terpelajar mesti berilmu dan berintregitas, perlun juga meningkatkan pemahaman konseptualnya terhadap problem-problem kebangsaaan dan kenegaraan kita.

“Para Mahasiswa harus senantiasa mengasah kepekaannya dan menjaga intregitasnya agar dapat mencegah ataupun mengoreksi penyelewengan-penyelewengan kekuasaan yang mengorbankan rakyat. Oleh karena itu betapa pentingnya wawasan tentang penegakan di hukum Indonesia,” katanya.

Kehadiran Wakapolda Jabar dalam kunjungannya ke kampus UNIGAL tentunya membuat bangga bagi civitas akademika, pungkasnya. (Tono Efendi)

Editor : Indra Ramdani

BAGIKAN