Kuswendi; Postur Hingga Pengetahuan Menjadi Penilaian Seleksi Paskibraka

67

GARUT, (KF).- Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Garut tahun 2018 telah terpilih. Sebanyak 27 orang yang lolos dari total peserta 258 orang.

” Alhamdulillah, seleksi Paskibraka tingkat Kabupaten Garut telah usai, dari 258 peserta yang mengikuti seleksi Paskibraka telah terpilih atau lolos sebanyak 27 orang,” ucap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kab.Garut Drs Kuswendi M.Si diruang kerjanya, Selasa(26/03)

Seleksi, lanjut Kadispora, berlangsung selama 3 hari, mulai Jum’at hari ini sampai dengan hari Minggu tanggal 25 Maret 2018.

“Ada pun mengenai persyaratan antara lain, pertama tinggi 165 cm untuk siswi dan untuk siswa 168 cm. Materi tes di antaranya pengetahuan UUD’45, Pancasila, etika, wawasan, pengetahuan tentang Garut termasuk di dalamnya budaya dan tes fisik serta baris berbaris,” imbuhnya.

Kadispora menegaskan, dari 27 orang yang lolos, inilah yang nantinya akan menjadi tim inti pengibar pada 17 Agustus mendatang, dan 3 orang akan diikutsertakan ke tingkat provinsi. Jika lolos lagi, akan diikutkan ke tingkat Nasional.

Berharap dari 3 orang yang masuk tingkat Provinsi, Mudah-mudahan bisa masuk tingkat nasional karena pada tahun kemarin kita sudah juara bisa mengikut sertakan sebanyak 4 peserta Paskibraka ditingkat provinsi,”ujarnya

Senada dikatakan Kabid Kepemudaan Dispora Kab.Garut ,Kusman Maulud, S.Pd.M.Si  Ini adalah seleksi yang luar biasa, peserta seleksi adalah siswa-siswi kelas X dari 53 utusan sekolah dari 42 kecamatan yang ada di Kabupaten Garut. 480 orang yang daftar menjadi 258 orang lolos administrasi dan setelah melalui tahapan-tahapan seleksi menjadi 27 orang

Alhamdulillah pada Minggu malam telah ada hasilnya, setelah sebelumnya melalui seleksi dan berbagai tahapan, dari 258 orang terpilih sebanyak 27 orang sebagai tim inti dan 3 orang mewakili Kab Garut untuk tingkat provinsi,” ungkapnya

Kusman mengakui, kalau melihat persaingan dengan Kabupaten lain, mudah mudahan kita bisa masuk ketingkat nasional, paparnya.

Penulis : j Gunawan

Editor. : Indra R