LDKS Penting Bagi Pelajar Untuk Menangkal Radikalisme

159

GARUT(KF)- Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) dinilai penting untuk menangkal berbagai pengaruh buruk di era globalisasi, termasuk menangkal paham radikalisme. Oleh karena itu SMKN 1 Garut menyelenggarakan LDKS, dengan menghadirkan unsur TNI sebagai pemateri. Salah satu materinya pemahaman wawasan kebangsaan.pemahaman kebangsaan perlu terus digalakan khususnya untuk anak muda, hal ini melihat konteks kekinian yang mana ancaman terjadi, kompetisi atau persaingan global, hingga proxy war mengancam ideologi generasi muda.

Dandim 0611/Garut, Letkol Arm Setyo Hani, melihat, ancaman tersebut mulai bisa mengganggu terhadap budaya, politik, ekonomi, pendidikan dimana saat ini terorisme dan paham-paham radikal masih ada di Indonesia ini.

“Dengan memiliki semangat nasionalisme dan pemahaman tentang kebangsaan, mereka anak muda ini memiliki benteng sehingga tidak terbawa arus negatif yang bisa memecah belah bangsa,” ujarnya usai memberi materi Latihan Dasar Kepemimpinan Sekolah (LDKS) di SMKN 1 Garut, sabtu (17/12/2016).

Apabila ada informasi dimana terdapat potensi bisa mengancam persatuan dan kesatuan, diharapkan pihak bersangkutan harus mencerna informasi tersebut dengan mencerna dan mengkomunikasikan dengan pihak yang berkompeten.

Kepala SMKN 1 Garut, H. Dadang Johar Arifin, mengatakan, dengan pemahaman terkait kebangsaan, generasi muda termasuk para siswa siswinya biaa mengimplementasikan
wawasan kebangsaan yang luas.

“Seperti anak-anak muncul rasa untuk bergotong royong, pengelolaan lingkungan, tanggung jawab, disiplin dalam berbangsa dan bernegara. Berikut dengan tumbuhnya jiwa patriot di kalangan mereka,dengan pemahaman kebangsaan, mungkin bisa memfilter dari faham-faham radikalisme yang saat ini santer beredar di beberapa daerah,” ujarnya. (Jay).

BAGIKAN