Lomba Bedug Dan Pawai Taaruf Ramaikan HAri Santri

215
Ket Foto: Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Garut melakukan koordinasi di Pendopo terkait teknis pelaksanaan peringatan HSN.

GARUT, (KF).- Puncak peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke 3 tingkat Kabupaten Garut, akan digelar Hari Ahad (22/10/2017) di Lapang Oto Iskandar-Alun alun Kota Garut. HSN kali ini akan dimeriahkan oleh berbagai kegiatan yang sudah dirancang panitia, diantaranya Pawai taaruf dan lomba bedug.

Rais Syuriah PCNU Garut, KH. Rd. Amin Muhyidin Maulani, mengungkapkan, dalam acara hajat tahunan para santri ini, rencananya akan diikuti oleh puluhan ribu santri yang tersebar di seluruh daerah. Untuk pawai taaruf pelaksanaannya dari masing masing lokasi menuju Alun-alun Garut, dilanjutkan upacara, Tabligh Akbar, Lomba bedug, Bazar amal dan Sholawat Nariyyah untuk keselamatan bangsa .

“Program ini sebagai upaya kami untuk menyantrikan masyarakat dan memasyarakatkan santri. Meskipun secara kultur, masyarakat di kita tidak dikatakan santri, tapi ada khidmat kepada kiyai berarti itu santri juga,” katanya didampingi Sekretaris PCNU Kabupaten Garut, Deni Ranggajaya, kemarin Jum’at (19/10).

Pihaknya berharap, makna santri tidak menjadi pudar di kalangan masyarakat umum khususnya. “Karena apapun ormasnya, dimanapun ia berada, selama dimana mencintai ulama itu santri juga,” tandasnya.

Untuk mengantisipasi membludaknya peserta yang datang ke Alun-alun Garut yang dinilainya terbatas apabila dibandingkan jumlah santri di Garut, maka pihaknya menyarankan kegiatan serupa bisa digelar di tingkat Kecamatan.

Deni Ranggajaya menambahkan, hingga Jum’at sore, sudah ada 25 grup peserta lomba bedug.” Kemungkinan pesertanya masih akan bertambah, ” imbuhnya. (Jay)

BAGIKAN