Longsor Kembali Terjadi Di Wilayah Garut Selatan.

93
Ket foto: Nampak terlihat Petugas dan warga masyarakat saat mengevakuasi material longsor dengan menggunakan alat seadanya. (Foto: Istimewa)

GARUT, (KF).- KEJADIAN Tanah longsor kembali terjadi di wilayah Garut Selatan yang disebabkan curah hujan yang tinggi, kali ini terjadi di Kampung Ciwaru Desa Sukamulya, Kecamatan Talegong Kabupaten Garut, Jawabarat. yang sempat menyebabkan terputusnya arus lalu lintas pengguna jalan tersebut, Jum’at (23/2/2018).

Kejadian yang berlangsung pukul 05.30 ini adalah kejadian longsor susulan yang sebelumnya sudah diberitakan kejadian yang sama pada hari Rabu (21/2), di titik yang tidak jauh dari lokasi pertama.

Anggota piket dari Kepolisian Sektor Talegong yang mengetahui kejadian tersebut langsung berangkat ke TKP untuk melaksanakan penanganan evakuasi di lokasi bencana longsor,
respon yang cepat dilakukan langsung oleh anggota Polsek Talegong dengan warga sekitar dengan cara manual.

Kapolsek Talegong, Iptu Amor Patria SE yang memimpin giat ini berusaha menghubungi operator alat berat milik PUPR yang standby di Cisewu.

“Kami bersama warga berupaya untuk melakukan evakuasi material longsoran ini dan berusaha menghubungi operator alat berat, namun seakan terkendala oleh sistem birokrasi yang ribet, padahal kejadian tersebut memerlukan penanganan dengan cepat, dan kami berembug dengan pak Camat untuk mempercepat proses tersebut dan alhamdulillah alat berat bisa juga dioperasikan untuk evakuasi tumpukan material tanah tersebut dan pada pukul 10.30 sudah bisa ditangani, sehingga arus lalu lintas dapat kembali lancar.” Ujar Kapolsek.

Setelah sebelumnya Kapolsek berhasil melobi alat berat namun kendala lain muncul yakni alat berat mengalami kerusakan sehingga, evakuasi dilakukan dengan cara manual sambil menunggu perbaikan alat berat tersebut.

Penulis : Apih

Editor : Indra R

BAGIKAN