Mantap !!Komunitas Trash Hero, Bersihkan Sampah Di HKP Ke 46

281

GARUT,(KF).- Bupati Garut H Rudy Gunawan secara resmi membuka Peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke 46 Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2018 di Alun alun Garut, Sabtu (01/09/18) pagi. Peringatan HKP diisi antara lain dengan devile kendaraan hias dan pameran hasil pertanian serta peternakan.

Pantauan Koran – Fakta.com dilapangan, kegiatan akan berlangsung selama dua hari mulai tanggal 1 – 2 September 2018. Kendaraan hias dihasi dengan hasil pertanian dan pameran diisi antara lain sembako yang harganya dibawah harga pasar, produk olahan pertanian berasal dari kelompok binaan dinas Pertanian, Kabupatén Garut. Dan perternakan serta perikanan serta kelautan.

Tapi ada yang menarik dari kegiatan tersebut dengan adanya komunitas pemungut sampah (Trash Hero)
, dengan tema ” Tanpa Sampah Garut Lebih Indah”. yang ikut dalam kegiatan karnaval hari Krida pertanian ke 46 Tingkat Kabupaten Garut.

Aksi simpatik diperlihatkan sejumlah anak muda Garut, Mereka memunguti sampah yang berserakan di ruas Jalan Ahmad Yani menjadi lokasi karnaval, dari kawasan Alun-Alun Garut hingga Gedung pendopo

Poto Istimewa

Aksi bersih-bersih itu mereka lakukan dari mulai kegiatan hingga karnaval usai. Sukarelawan pemungut sampah untuk membersihkan sampah makanan dan minuman yang berceceran, maupun bungkus yang berserakan, terutama sampah plastik. Mereka memunguti sampah dan dimasukkan ke dalam kantong besar dan karung yang dibawanya.

Gita Noorwadhani selaku pegiat lingkungan hidup Yayasan Paragita sebagai Koordinator Trash Hero
mengatakan, sangat prihatin dengan kurangnya kesadaran masyarakat, baik peserta maupun penonton karnaval, untuk menjaga lingkungan.

”Ini memprihatinkan. Mestinya ada kesadaran dari masyarakat, untuk tidak membuang sampah sembarangan. Semoga saja aksi yang kami lakukan, bisa memberi kesadaran agar nantinya masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan,” imbuhnya.

Laporan : J Gunawan
Editor. : Van’s