Melalui Media Gathering, Bawaslu Garut Sampaikan Pemahaman Optimalisasi Komunikasi Kepada Publik Melalui Media

203
Ket Foto : Ketua Bawaslu Kabupaten Garut. DR. Hj. Ipah Hafsiah Yakin, SE,.M.Si.,MM.

Koran-Fakta.com (KF).- Badan Pengawasan pemilu Kabupaten Garut, menggelar Media Gathering bersama sejumlah Wartawan/Jurnalis dikabupaten Garut.

Media Gathering yang dilaksanakan Bawaslu Kabupaten Garut dan Media Tahun 2019 tersebut berlangsung selama dua Hari, dari mulai 23-24 November 2019.

Dalam sambutannya Ketua Bawaslu Kabupaten Garut. DR. Hj. Ipah Hafsiah Yakin, SE,.M.Si.,MM. Pihaknya merasa bersyukur dapat berkumpul dan bersilaturahmi dengan sejumlah awak media melalui kegiatan Gathering ini.

“Tentunya kami dari Bawaslu merasa bersyukur dapat berkumpul dan bersilaturahmi ditempat ini dengan insan pers,” ujarnya

Lanjut disampaikan Media Gatheringpun ini tentunya dapat dikatakan sebagai salah satu kegiatan komunikasi secara informal yang dilakukan oleh lembaga dengan media yang bertujuan untuk mempererat hubungan dengan media dan menjalin relasi melalui pertemuan informal dengan tujuan yang sama yaitu pemberian informasi mengenai sesuatu hal yang dimana informasi tersebut nantinya akan di informasikan kembali kepada masyarakat luas melalui tayangan atau berita yang dimuat oleh media.

“ Secara esensial, pemahaman Media Gathering merujuk pada tujuan untuk menciptakan hubungan baik dengan para pelaku media guna menempatkan informasi-informasi penting sebagai sumber berita yang dinilai penting untuk disampaikan dengan baik,” kata ia

Lebih jauh disampaikan Bawaslu merupakan badan Publik karena merupakan badan yang fungsi dan tugas pokoknya berkaitan dengan penyelenggaraan negara, yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN)
dan /atau anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Sebagai badan Publik Bawaslu Kabupaten Garut memiliki kewajiban untuk menyediakan, memberikan dan menerbitkan Informasi Publik yang berada dibawah kewenangannya kepada Pemohon Informasi Publik, selain informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan dalam Pasal 7 UU No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Berdasarkan landasan pemikiran tersebut di atas, dalam rangka meningkatkan peran Media dalam pemberitaan Bawaslu Kabupaten Garut khususnya dalam rangka pelaksanaan Pemilu dan Pilkada dimasa yang akan datang, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Garut merasa sangat perlu menyelenggarakan kegiatan semacam ini,” Ungkapnya

Sambung ia. Adapun maksud dari kegiatan ini dilaksanakan adalah agar tersampaikannya pemahaman mengenai Optimalisasi komunikasi publik Lembaga Pengawas Pemilu khususnya Bawaslu Kabupaten Garut kepada publik melalui media. Pungkasnya. (Indra R)

Editor : Van’s

BAGIKAN