Menantang Berwisata Untuk Menikmati Nikmatnya Aroma Kopi Parentas Di Curug Ciparay

70
Ket Foto: Curug Ciparay (foto istimewa)

TASIKMALAYA, (KF).- Pernahkan membayangkan kalau menikmati secangkir kopi di alam terbuka dengan udara yang sejuk khas pegunungan sembari berwisata Air terjun ?

Kali ini ada rekomendasi untuk anda yang ingin menikmati nikmatnya aroma kopi sembari berwisata dialam terbuka dengan suguhan panorama alam yang cukup indah serta nikmatnya kesejukan cipratan air Curug yang cukup jernih, bahkan lokasi tersebut rasa-rasanya cukup bagi anda untuk melepaskan kepenatan dalam keseharian.

Nama lokasi wisata tersebut yakni Curug Ciparay, Yang Berada di Desa Parentas, Kecamatan Cigalontang, kabupaten Tasikmalaya Yang kini mulai dikelola oleh perhutani dan pemerintah Desa Parentas. Bahkan kopi khas Priangan yang disajikan ditempat wisata tersebut diberi nama Kopi Parentas dengan aroma dan kenikmatan yang berbeda untuk disuguhkan bagi para pengunjung di lokasi wisata tersebut.

Bahkan tingginya pengunjung ke tempat wisata Curug Ciparay menjadikan peluang usaha untuk memperkenalkan produk unggulan Badan Usaha Milik desa (BUMDes) Desa Parentas, berupa Kopi Parentas.

Tak ayal Kopi Parentas saat ini banyak dicari wisatawan dari berbagai penjuru daerah, hal itu disampaikan Kepala Desa Parentas, Andi Ramdani saat dijumpai wartawan dilokasi wisata. Rabu (12 Juni 2019) Siang.

Akan tetapi lanjut Andi, untuk menuju lokasi wisata tersebut butuh usaha yang cukup extra untuk menuju lokasi tersebut, selain menggunakan kendaraan roda dua untuk menuju lokasi curug, bagi pengunjung yang ingin berwisata sambil menikmati nikmatnya kopi parentas disarankan untuk membawa pakaian ganti karena mendekati lokasi curug atau air terjun sudah pasti kebasahan karena cipratan air terjun yang sangat deras.

“Untuk menuju lokasi curug bisa menggunakan kendaraan roda dua, bahkan debit air curug cukup deras dan jernih sehingga kami menyarankan untuk membawa perlengkapan pakaian salin. Karna bagaimanapun pengunjung akan tergiur untuk menyapa air terjun bahkan bisa saja berenang,” jelasnya

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ketempat wisata ke Curug Ciparay sembari menikmati kopi khas Desa Parentas, bisa melalui jalur dari arah singaparna, leuwisari, cigalontang dan dari arah kabupaten Garut Sucinaraja Cigadog.

Namun disampaikan Andi, selain menggunakan roda dua, jalan menuju lokasi terbilang ekstrim, dengan jalur kanan kiri tebing atau jurang tentunya hal itu membutuhkan nyali. “Namun ketika anda sampai dilokasi kami yakin bagi pecinta alam atau penikmat tentunya tidak akan rugi”, katanya

Sambung Andi, saat ini wahana wisata sudah mulai ditata dengan baik. Dari mulai penataan plang Curug Ciparay dilokasi hingga beberapa spot foto bagi pengunjung untuk mengabadikan momen dilokasi wisata.

“Alhamdulillah jumlah pengunjung setiap tahun meningkat bahkan saat ini kondisinya lebih ditata. Ada spot untuk berfoto yg keren yang sengaja dibuat oleh pengelola, juga dilokasi tersebut sudah tersedia mushola, serta warung-warung dan toilet,” kata dia

Dengan harga tiket masuk Rp 8000 Rupiah/Orang sehabis bermain air dicurug, pengunjung bisa menikmati nikmatnya Kopi Parentas sembari menikmati keindahan alam Curug Ciparay. Pungkasnya. (Indra Ramdani)**

Editor : Van’s

BAGIKAN