Meski Diguyur Hujan, Guru Diwilayah Pakenjeng Gelar Upacara Hari Guru Nasional

53
Ket foto: Saat pelaksanaan upacara hari guru di wilayah Pakenjeng

Wartawan: PH/Indra R

GARUT, (KF).- “Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku”
Mungkin anda masih ingat dalam fikiran kita sepotong syair hymne Guru ini dan pada hari ini para guru se-Indonesia sedang merayakan Hari Guru Nasional tahun 2017.

Begitu pula dengan para Guru di wilayah selatan Kabupaten Garut ini Bertempat di lapangan upacara Sekolah Dasa Negeri I Pakenjeng Jl.Raya Garut-Bungbulang Desa Depok Kecamatan Pakenjeng Kabupaten Garut pada hari Sabtu (25/11) Berlangsung upacara Hari Guru Nasional Indonesia 2017 Tingkat Kecamatan Pakenjeng.

Upacara yang dihadiri oleh para Guru se-Kecamatan Pakenjeng ini berlangsung dalam suasana khidmat walaupun hujan turun membasahi para peserta upacara tetapi tidak mengurangi semangat para pahlawan tanpa tanda jasa ini untuk mengikuti jalannya upacara.

Bertindak sebagai inspektur upacara yakni Camat Pakenjeng Asep Giri Daya dan dihadiri pula oleh forkopim Kecamatan pakenjeng dan dari element masyarakat lainnya yang ikut larut dalam suasana khidmat upacara bendera.

Dalam sambutannya Camat Pakenjeng yang menyampaikan amanat dari Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia Pusat mengatakan. Sejak kelahirannya 100 hari setelah kemerdekaan RI, dengan dijiwai semangat proklamasi 17 Agustus 1945, PGRI gigih berjuang mencerdaskan bangsa, mengisi kemerdekaan dalam kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan berperang melawan kebodohan.

“Kini di era digital, PGRI sebagai organisasi profesi, siap melakukan transformasi perubahan sebagai kekuatan moral intelektual yang terus menerus mengajak dan mendorong seluruh pengurus dan anggotanya untuk belajar, mengakrabi teknologi dan beragamnya sumber belajar sebagai pusat pengembangan diri dan pengembangan pengetahuan dan keterampilan anak didik. Perubahan mindset menjadi fokus perubahan ke dalam PGRI agar para guru, pendidik, dan tenaga pendidikan menjadi sosok inspiratif yang dirindukan kehadirannya oleh anak didik.” Katanya.

Lanjut dikatakan, Peran serta para Guru amatlah sangat penting dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa serta mengejar ketertinggalan manusia Indonesia sebagai bagian dari masyarakat dunia dalam bidang ilmu pengetahuan agar dapat bersaing dengan negara lain didalam ilmu dan pengetahuan.

“Hal ini tercermin dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan dan inplementasi pengamalan Panca Sila dan Undang-Undang Dasar 1945” ujarnya

Sementara Camat Pakenjeng, mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada seluruh guru baik sukwan atau honorer yang telah mengabdikan dirinya untuk kemajuan dunia pendidikan.

“Kami sangat berterima kasih sekali kepada seluruh Sukwan dan Guru Honorer yang telah mengabdikan dirinya untuk kemajuan pendidikan di Indonesia khususnya di kecamatan Pakenjeng yang telah kita ketahui bersama bahwa Kecamatan Pakenjeng yang terdiri atas 13 Desa dengan kontur alamnya yang berbukit tetapi tidak menjadikan para tenaga pendidik kita patah semangat dalam memberikan pelajaran kepada para anak didiknya dan ini sangat diapresiasi sekali,” Pungkasnya.

Editor : Iwan Ridwan

BAGIKAN