Milangkala Desa Mekargailh, Deklarasikan Open Defecation Free (ODF) Untuk Menuju Lingkungan Yang Bersih, Sehat, Bermartabat dan Sejahtera.

234
Ket foto: Pjs.Kepala Desa Mekargailh Idad Badrudin, Saat menandatangani Deklarasi ODF. (Foto oleh : Indra R)

GARUT, (KF).- Berbagai acara dilakukan dalam rangka mensyukuri nikmat Allah SWT, di usia ke 38 Tahun Desa Mekargailh, kecamatan Tarogong kidul, kabupaten Garut, Jawabarat. Menggelar berbagai kegiatan.

Sebelum nya, kegiatan Milangkala ke 38 Tahun Desa Mekargailh, menyelenggarakan turnamen bola voli, piala Plt, dilanjutkan dengan lomba bersih-bersih, donor darah serta pemeriksaan dan pengobatan gratis. Dipuncak acara pada Minggu, (23/12/2018) melaksanakan khitanan massal.

Usai melaksanakan khitanan massal, kegiatan terus berlangsung dengan melaksanakan deklarasi Open Defecation Free (ODF). Untuk Lingkungan yang Lebih Bersih dan Sehat Menuju Masyarakat Kabupaten Garut yang Bermartabat, Nyaman dan Sejahtera.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Garut yang diwakili sekertaris Dinas kesehatan kab.Garut .H Ubed, Camat Tarogong kidul, Hj.Lilis Neti, Anggota DPRD kabupaten Garut H.Yayat, seluruh kepala desa se kecamatan Tarogong kidul, juga mantan Kepala Desa Mekargailh, H.Yana, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, serta para tamu undangan lainnya.

Pjs.Kepala Desa Mekargailh Idad Badrudin dalam sambutannya menyampaikan beberapa program yang akan dilaksanakan di tahun 2019 mendatang.

” Insyaallah ditahun 2019 kita akan ada Balai Desa, kedepannya dari sisi kebersihan dilingkungan kita juga akan menyiapkan bak sampah ditiap rumah dari anggaran APBEDES. Karena sampah tidak bisa menyelesaikan permasalahan tapi kini sampah di desa Mekargalih sampah itu bisa menjadi berkah dengan rencana didirikannya bank sampah yang dikelola oleh desa dan pengurus dari setiap RW,” Ujarnya.

Lebih jauh pihaknya mengucapkan rasa terimakasihnya atas terlaksananya syukur binikmat Milangkala Mekargalih yang ke 38 Tahun dan tak lupa ucapkan terimakasih atas terlaksananya program ODF didesa Mekargalih yang terdiri dari 37 RT dari 9 RW dengan jumlah penduduk yang mencapai 7000 lebih atau 3500 KK.

“Terimakasih saya ucapkan pada seluruh warga, baik pengusaha, kaum agnia, tokoh masyarakat, RT, RW dan saya tidak mungkin bisa dapat membalas semuanya ini dengan apapun, dengan kekompokannya kebersamaannya saya ucapkan rasa terimakasih,” pungkasnya

Sementara dalam Sambutannya Camat Tarogong Kidul Hj Lilis Nety M,Si menyampaikan ucapannya Milad Desa Mekargalih yang ke 38 ini dan ini juga bertepatan dengan miladnya juga Kecamatan yang ke 16.

“Pertama saya ucapkan selamat milad desa Mekargalih yang ke 38 semoga perjuangan para purna kades terdahulunya sejak dimekarkan dari Kelurahan Sukagalih yang menjadi Desa Mekargalih Ini mendapatkan berkah seiring dengan harapan masyarakat baik dari sisi pembangunan, kemasyarakatan fisik infrastruktur maupun sosial ekonomi serta budayanya tentu saja ini lebih meningkat lagi,” Ucapnya

Lanjutnya Hj. Lilis pihaknya bersyukur sekaligus bangga dan terharu, ternyata Pemerintahan hadir ditengah masyarakat. Masyarakat begitu antusias kami menyaksikan berbagai kegiatan bukan karena PJs nya perangkat Kecamatan tepi dukungan masyarakat itu dan berbagai elemen cukup luar biasa.

“Saya tidak dapat berkata-kata lagi yang lain cuman bisa mengucapkan banyak terima kasih yang sangat tak terhingga, Pemerintahan sedikit berkurang bebannya karena dukungan baik lapisan masyarakat. Hari ini adalah yang sangat luar biasa dengan deklarasinya (ODF) Stop buang air besar sembarangan. Ini menjadi awal kita untuk merubah perilaku yang kurang baik menjadi lebih baik” Pungkasnya.

Laporan : J.Gunawan

Editor : Indra Ramdani

BAGIKAN