Ngubek Situ Di Bogor, Kang Uu Tangkap Peluang Wisata Situ Gede

44

BOGOR, (KF).- Menjelang bulan Ramadhan, Calon Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Uu Ruzhanul Ulum ngubek setu di Situ Gede, Kota Bogor bersama ratusan masyarakat pada Minggu (12/5/2018) siang tadi.

Di Situ Gede, Uu terlihat akrab dengan masyarakat dan warga yang melakukan penangkapan ikan di bagian tengah situ dengan menggunakan rakit.

Uu menuturkan sebagai calon pemimpin kedatanganya ke Situ Gede bukan hanya sebatas bertegur sapa dengan masyarakat yang melakukan ngubek setu tapi juga menggali potensi wisata Situ Gede sendiri.

“Kegiatan ini adalah sebagai bentuk syukur saya kepada masyarakat, untuk ikut berbahagia dengan masyarakat sekaligus saya kesini melihat potensi tentang pariwisata di Bogor Barat ternyata Situ Gede ini potensinya bagus, perlu dikembangkan,” ujar Uu.

Pasangan Ridwan Kamil di Pilgub Jabar itu menilai agar daya wisata Situ Gede meningkat maka perlu dilakukan pembangunan berbagai fasilitas diantaranya adalah membangun sentra kuliner, tempat penginapan, memperlancar akses jalan, membangun tempat ibadah dan fasilitas yang dibutuhkan pengunjung lainnya.

Untuk mengembangkan potensi wisata yang dimiliki Situ Gede itu pihaknya kata Uu siap melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat.

“Saya memahami yang namanya wisata di daerah itu kurang dikembangkan karena uangnya harus dibagi sama kesehatan, jalan dan kebutuhan lain. Saya paham karena saya juga sebagai kepala daerah oleh karena itu pemerintah provinsi disini harus hadir, harus sigap, kalau dibiarkan ini kurang bermanfaat, maka disini harus dibangun jalan kemudian dibangun penginapan dan juga dibangun kuliner, ” kata Uu.

Bupati Tasikmalaya dua periode ini mengatakan dalam membangun fasilitas wisata juga bisa dikerjasamakan dengan pihak swasta. Dalam hal ini pihaknya siap mempermudah dan memberikan kenyamanan bagi investor yang ingin mengembangkan destinasi wisata.

Menurutnya manfaat yang didapatkan jika potensi wisata Situ Gede ini dikembangkan sangat banyak diantaranya adalah meningkatkan Pendapatan Asli Daerah, menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Selain itu jika dikembangkan ini juga akan dapat meningkatkan kebahagiaan masyarakat karena kebahagiaan juga ada sarana dan prasarananya. Jika pendidikan salah satu sarana dan prasarananya adalah sekolah maka kebahagiaan sarana dan prasarananya adalah objek wisata dan sarana prasarana yang bagus di tempat wisata itu sendiri,” kata Uu.

Oleh : Tono Efendi

Editor: Van’s