Original Record Indonesia (ORI) Sambangi Komunitas Asli Garut (ASGAR)

90
Ket foto: Komunitas Asli Garut (ASGAR)

Reporter: Ph

GARUT, (KF).- Bertempat di komplek Marina Situ Bagendit yang beralamat di jalan raya Banyuresmi, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut. Selasa (19/12) menjadi ajang pertemuan antara Original Record Indonesia (ORI) dengan Komunitas Asli Garut (ASGAR) untuk membahas tentang acara Milangkala Asgar dan Pemecahan Rekor ORI Kolaborasi Seni Budaya selama 44 menit 4 detik.

Hadir pada kesempatan itu Presiden ORI Agung Elvianto dan komunitas ASGAR yang dipimpin Oleh R.Abdurahmat Ahmadi. Atau yang lebih dikenal dengan Aki Panunjuk serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang diwakili oleh Aan Permana.

Dalam keterangannya Agung Elvianto mengatakan bahwa kedatangan tim ORI karena merasa tertarik dengan Komunitas ASGAR yang selalu mengusung dan secara disiplin tetap mempertahankan seni budaya daerah dan keunikan pada seni yang akan ditampilkan nanti pada tanggal 6 dan 7 Januari 2018.

“Harapan saya sebagai Presiden ORI pada helaran budaya yang akan dinilai nanti benar-benar mencerminkan ke-Originalan dan Keunikannya sebagai presentasi dan implementasi dari kelompok ASGAR yang sadar akan Potensi Budayanya, Dan saya yakin setelah ORI diterima nanti Potensi seni budaya Garut akan semakin terangkat.” Paparnya.

Sejalan dengan harapan para pelaku seni yang tergabung di ASGAR , Aki Panunjuk pun angkat bicara karena menurutnya seni budaya Asli Garut ini harus benar-benar dipertahankan dan dilestarikan sebagai warisan budaya nasional.

“Besar harapan saya akan kelangsungan seni dan budaya terutama saya titipkan kepada generasi penerus untuk selalu mencintai dan menghargai seni budaya dan ASGAR sebagai Komunitas pecinta dan pelaku seni itu sendiri terus akan berusaha berkontribusi dan konsekwen walaupun kami dengan dana hasil swadaya murni dari iuran para anggota, tapi kami bangga telah menjadi bagian dari kehidupan berbagsa dan bernegara sebagai perwujudan cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia.” Ujarnya.

Dukunganpun datang dari Pemerintah Kabupaten Garut, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut yang dalam hal ini sebagai bentuk apresiasi pada Komunitas ASGAR, Pemkab Garut pun mempersilahkan untuk berkoordinasi dan melakukan konsolidasi lebih jauh lagi dengan fihak terkait.

Aan Permana pun angkat bicara “Saya mewakili Bapak Kadis ParBud dalam hal ini menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya pada usaha yang dilakukan okeh Komunitas ASGAR,semoga ini akan lebih memotivasi masyarakat lainnya untuk lebih mencintai seni budaya daerahnya masing-masing dan ASGAR telah membuktikan itu semua dan kami merasa bangga. ” ujarnya.

Editor : Indra R

BAGIKAN