Pangdam III / Siliwangi Secara Resmi Tutup Kegiatan TMMD Ke 103 Di Desa Pancasura

116

GARUT, (KF).- Upacara penutupan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-103 Tahun 2018, secara resmi ditutup oleh Pangdam III/ Siliwangi Mayor Jenderal TNI Besar Harto Karyawan, dilapang Kp. Sanghiang Desa Pancasura, Kecamatan Singajaya Kab.Garut, Selasa (13/11/2018).

Acara dihadiri 1000 orang, Sebagai Inrup Pangdam III / Siliwangi, Mayjen Harto Karyawan dan Dan up Danyon Yonif Raider 301/Pks (Letkol Inf Andi Hasbuloh

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Garut H Rudy Gunawan, Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna SIK, Dandim 0611/Garut Letkol Inf Asryaf Aziz S, Sos, Danrem 062 /TN Kol Inf Tatan Ardianto Sip, Para Asisten Kasdam dan Kepala SKPD serta tamu undangan.

Dalam Amanatnya, Pangdam III / Siliwangi, Mayjen Harto Karyawan sebagai Inspektur upacara menyampaikan Dengan telah berakhirnya TMMD ke-103 ini, saya ingin berpesan kepada kita semua, khususnya kepada anggota Satgas TMMD dan segenap masyarakat sebagai berikut:

1. Pertahankan kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat yang telah kita rasakan selama kegiatan TMMD ini.
2. Tingkatkan semangat untuk bekerja dan membangun bersama, sebagai realisasi semangat gotong royong yang merupakan warisan asli bangsa kita.
3. Peliharalah hasil-hasil program TMMD ke-103 ini dengan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan seluruh warga masyarakat.
4. Teruslah membangun dan mengembangkan potensi desa masing-masing, serta jadikan diri kita sebagai agen-agen pembangunan yang menyebarkan energi positif bagi lingkungan sekitar kita untuk mau belajar dan memajukan desa dan wilayahnya.

Selanjutnya, saya memohon maaf sebesar-besarnya apabila selama kegiatan TMMD ini terdapat perilaku atau tutur kata prajurit saya yang kurang berkenan di hati masyarakat. Kepada para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD agar memperhatikan faktor keamanan saat kembali ke induk pasukan masing-masing.
” Jadikanlah momen kegiatan TMMD ini sebagai pelajaran dan pengalaman tentang bagaimana menjadikan diri kita sebagai bagian dari solusi dan pendorong motivasi bagi rakyat. Karena TNI AD lahir dari rakyat dan mengabdi untuk rakyat,” pungkasnya

Sementara dalam upacara penutupan tersebut, Dandim 0611/Garut Letkol Inf Asyraf Aziz menyampaikan, kegiatan ini merupakan peran nyata TNI untuk ikut serta memberikan andil dalam pembangunan di daerah atau desa. Saat ini ada beberapa pekerjaan yang dilaksanakan guna menunjang pembangunan di desa Pancasura dan telah selesai 100 %, serta beberapa program diluar RAB yang telah ditentukan yaitu Pembuatan sarana olahraga dan rehabilitasi bangunan sarana ibadah Masjid Manarul Huda,” papar Dandim.

“Selain itu ada pengaspalan jalan desa sepanjang 1750M dengan lebar 3M, pembuatan jembatan plat beton sepanjang 12 M dan lebar 5M, pembuatan 7 gorong-gorong dengan diameter 60 cm × 40 cm dan panjang 4,5 M, pembuatan badan jalan dan pengerasan panjang 250 M dan lebar 3M, pembuatan Turaf Penahan Tanah ( TPT ) panjang 100M dan lebat 3M, serta sarana tambahan berupa pembuatan Lapangan serbaguna juga Perbaikan dan pengecatan Mesjid Manarul Huda,” jelasnya

Lanjutnya, maka dapat dirasakan dan dimanfaatkan oleh warga masyarakat desa Pancasura kedepannya.”Kami datang ke sini sebagai anak yang ingin berbakti kepada ibunya, karena TNI lahir dari rakyat dan disini Kami mengabdi untuknya,” pungkas Asyraf Aziz.(***)

Editor : J Gunawan