Panwas Desa se-Kecamatan Kadungora Diharapkan Bisa Menjaga integritas dan Profesionalisme Sebagai Pengawas Pemilu.

203
Ket foto: Ketua Panwaslu Kecamatan Kadungora, Heri Fajar Rahmat foto bersama Panwas Desa Kecamatan Kadungora yang sudah resmi dilantik.

Jurnalis : Indra R

GARUT, (KF).- PARA Calon pengawas Pemilu Lapangan Desa se-kecamatan kadungora, secara resmi dilatik. pelantikan calon pengawas pemilu tersebut digelar di Balai Desa Mandalasari, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut. Selasa (16/1/2017) siang.

Acara pelantikan secara langsung dihadiri unsur Muspika dan para kepala desa juga di hadiri langsung oleh Ketua Panwaskab Kabupaten Garut.

Ketua Panwaslu Kecamatan Kadungora, Heri Fajar Rahmat mengatakan, acara pelantikan Panwas Desa ini sebagai pelaksanaan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 10 Tahun 2012.

Sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Peraturan Bawaslu Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan atas Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 10 Tahun 2012 tentang Pembentukan, Pemberhentian, dan Penggantian Antar Waktu Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi, Panitia Pengawas Pemilihan Kab/Kota, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan, Pengawas Pemilihan Umum Lapangan dan Pengawas Pemilihan Umum Luar negeri.

“Dari 49 pendaftar kami melakukan tahapan seleksi administrasi, dan untuk yg lolos selanjutnya kami melaksanakan tes wawancara untuk ditetapkan menjadi Anggota Panwaslu Lapangan Desa, dan hari ini kami secara resmi mengangkat dan melantik14 Panwas Lapangan Desa Se- Kecamatan Kadungora.”katanya.

Lebih lanjut lagi Heri mengatakan, panwas pemilu lapangan nantinya diharapkan bisa berkoordinasi dengan Panwascam dalam melaksanakan pengawasan dalam setiap tahap pelaksanaan Pilkada serentak.

” kami harapkan mereka yang kini sudah dilantik nantinya bisa menjaga netralitas, integritas dan profesionalisme sebagai pengawas pemilu,” ujar Heri kepada media.

Hal senada dikatakan ketua Panwas Kabupaten Garut, Heri Hasan Basri dalam sambutannya, Panwas kabupaten Garut mengucapkan selamat kepada para calon pengawas Pemilu Lapangan yang hari ini telah dilantik menjadi Panwas Desa,

” Selanjutnya mereka (Panwas-red) harus betul-betul memegang teguh terhadap integritas pribadinya dan juga melaksanakan perundang-undangan dan peraturan yang berkaitan dengan pemilu Gubernur dan wakil Gubernur serta Bupati dan wakil Bupati,” katanya.

Mengingat tugas berat yang di emban dalam hal pengawasan pemilu, yang dilakukan secara serentak pada Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur serta Pemilihan Bupati dan wakil Bupati yang akan digelar pada tanggal 27 Juni 2018. Diharapkan mampu bekerja secara sinergi dalam pengawasan untuk menjadikan pemilu yang berkualitas.

Editor: Van’s

BAGIKAN