Para Petinggi di Garut, Orang Pertama Yang Bakal Di Vaksin

79
Ket Foto: Kedatangan Vaksin Sinovac Covid-19 di Gedung Farmasi yang berlokasi di Labkesda (Laboratorium Kesehatan Daerah di Jl. Pahlawan Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Selasa (26/1/2021). (Foto: Diskominfo Garut)

Koran-Fakta.com (KF).- Dinas Kesehatan Kabupaten Garut telah menerima sebanyak 12.200 dosis Vaksin Sinovac dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat yang akan digunakan sebagai upaya dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Garut.

Vaksin SARS-CoV-2 Vaccine (Vero cell), Inactivated dari Sinovac ini diterima secara simbolis oleh Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Garut, Benny Bachtiar dan Kapolres Garut, AKBP Adi Benny Cahyono, pukul 12.21 WIB, di Gudang Dinas Kesehatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Instalasi Farmasi, Jl. Terusan Pahlawan No. 20, Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Selasa (26/1/2021), dengan menggunakan kendaraan roda empat jenis box warna hijau putih dengan Nopol B 9723 CXS.

Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Garut, Benny Bachtiar mengatakan, vaksinasi pertama di Kabupaten Garut akan dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 1 Februari 2021 untuk pimpinan daerah seperti Bupati dan Wakil Bupati Garut.

“Insya Allah tanggal 1 (Februari) kita untuk pimpinan, bupati, forkopimda lalu tanggal 3 hari rabu itu tenaga kesehatan dan dilanjutkan yang lainnya. Hari ini dikirim 12.200 dosis,” kata Benny.

Benny menambahkan, persediaan vaksin saat dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi tenaga kesehatan dan kemungkinan akan ada pengiriman kedua untuk Vaksin Sinovac.

“Mungkin nanti ada pengiriman kedua, kalau untuk ini nakes Insya Allah cukup karena diprioritaskan itu kan,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, dr. Leli Yuliani mengatakan untuk target vaksin di Kabupaten Garut adalah sebanyak 3,6 juta dosis.

“Kalau di target itu 3,6 juta untuk dua kali putaran, itu kalau 100 % 3,6 juta. Ini menggunakan yang ada tapi kemudian untuk tahap berikutnya kami juga,” kata dr. Leli.

Untuk pemberian vaksin sendiri, lanjut dr. Leli, terdiri dari 6 tahap dan pengirimannya akan disesuaikan dengan ketersediaan vaksin yang ada. Vaksin Sinovac ini akan didistribusikan ke Puskesmas dan juga Rumah Sakit di Kabupaten Garut.

“Ini kan sebetulnya kalau periode pemberian vaksinnya itu ada 6 tahap tapi untuk pengiriman kan nanti disesuaikan dengan ketersediaan dari sananya tersedianya berapa, jadi bisa beberapa tahap,” ujar dr. Leli.

Adapun jenis Vaksin Sinovac (SARS – COV – 2 Vaccine (Vero Cal)) Inactivated yang diterima oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Garut adalah 7 cool box sebanyak 12.200 Vial, 1 cool box besar berisi 1960 vial dan 1 dus kecil berisi 40 vial yang disimpan dengan mengunakan box chiller dengan suhu 2°-8° dan untuk suhu ruangan ber-ac dengan suhu 21°. (***)

Editor : Indra R

BAGIKAN