Pasar Guntur Mulai Berbenah Ingin Jadi Pasar Wisata

120
Photo: Jay Kepala Plt UPTD Pasar Ciawitali H Ahmad Wahyudin

KF,- Sejauh ini pasar tradisional identik dengan kesan kumuh dan kotor. untuk menghapus brand image kumuh dan kotor, kini Pasar Guntur Ciawitali Garut yang berada dibawah kewenangan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar (Disperindagpas) mulai dibenahi untuk jadi “Pasar Wisata”.
“Sehubungan tanggal 8 November 2016 nanti , ada penilaian lomba pasar tradisional untuk tingkat kebersihan dan keamanan. Memang di UPTD Pasar Guntur Ciawitali ini sedang ada penataan. Sesuai dengan arahan Pak Kadis juga, tiap blok akan dicat dengan variasi warna yang berbeda. Sehingga konsumen akan lebih mudah mengenali tiap blok dari 12 blok yang ada,” jelas Plt. UPTD Pasar Guntur Ciawitali, H Ahmad Wahyudin.
Berangkat dari ajang lomba pasar tradisional tersebut lanjut Ahmad, sekaligus akan dijadikan momen untuk menjadikan pasar yang memiliki 1724 kios itu, sebagai pasar wisata.
Sebagai upaya untuk memenangkan lomba, pihak UPTD Pasar bersama warga pasar tengah berupaya meningkatkan kebersihan dan keamanan di lingkungan pasar.” Alhamdulillah setiap hari Satgas kebersihan itu melakukan pengangkutan satu ton sampah setiap hari ke TPS. Selanjutnya oleh Dinas LH (Lingkungan Hidup) diangkut ke TPA hari itu juga,” tutur Ahmad, Senin (17/10).
Sedangkan untuk menjaga keamanan pasar, pihaknya sudah berkoordinasi dengan unsur Muspika setempat.” Alhamdulillah sekarang tiap malam petugas Polsek Tarogong melakukan kontol sampai dinihari. Kami juga pasang lampu blor untuk memudahkan pemantauan,” katanya.
Selain itu, pihak UPTD menyarankan kepada para pedagang untuk menggunakan fasilitas CCTV agar memudahkan penyelidikan, apabila terjadi tindak kejahatan di masing-masing kiosnya. Ahmad menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak keamanan dari Polsek Tarogong Kidul dan Koramil Tarogong Kidul yang turut mengamankan situasi pasarnya. (Jay).

BAGIKAN