Pawai Obor Disertai Lantunan Sholawat Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah.

201
Ratusan umat muslim yang melakukan aksi long match pawai obor mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa memadati jalan diwilayah perkotaan Garut (foto oleh: Indra R)

GARUT, (KF).- Ratusan umat muslim dikabupaten Garut antusias melakukan aksi long match pawai obor sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah malam ini.

Satu Muharram 1440 H yang juga bertepatan dengan malam 1 Suro menurut penanggalan Jawa jatuh pada Selasa, 11 September 2018. Bulan Muharram sendiri menurut Islam merupakan bulan yang dihormati selain Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Rajab Mudhar.

Selain warga dibeberapa wilayah aksi Long match pawai obor dikabupaten garut juga dilakukan ratusan warga kampung Ciawitali, Desa Jayaraga Kecamatan Tarogong Kidul.

“Kami berharap kegiatan ini dapat mempererat ukhuwah dan silaturahmi warga,” ujar Ketua RW 15 Ahmad Sahid, di sela-sela pawai obor, di Alun-alun, halaman Majid Agung Garut, Senin (10/9/2018) malam.

Menurutnya, kegiatan yang diperingati saat ini tentunya sangat penting untuk merekatkan masyarakat, apalagi tahun ini memasuki tahun politik nasional. “Berbeda pilihan silahkan, asal tetap jaga silaturahmi,” ujar dia.

Dalam aksi pawai obornya, mereka rela berjalan kaki hingga 5 kilo meter mulai dari Kampung Ciawitali, jalan Merdeka, Kerkof, bunderan Guntur, jalan Pramuka hingga berakhir di Alun-alun, Masjid Agung Garut.

Selama pawai, ratusan peserta yang didominasi anak-anak, remaja, higga orang tua tak hentinya membacakan sholawat badar.

Bahkan beberapa kali aksi debus api dengan menyemburkan api ke atas permukaan, ikut ditampilkan warga desa Jayaraga itu.

Tak ayal, saat pertama kali memasuki area masjid Agung, sambutan hangat pun menghampiri rombonga pawai obor dari Ciawitali ini.

Sementara kalangan remaja putra dan putri, dengan peralatan rebana yang dibawa, terus melantunkan sholawat dan pujian bagi Alloh dan Rosululloh SAW.

Laporan : Indra R

Editor : Van’s

BAGIKAN