Pemerintah Daerah Kabupaten Garut Lelang 5 Jabatan Eselon II

420
Ket Foto: Sekertaris darah kabupaten Garut Iman Alirahma, saat dijumpai Wartawan usai mengikuti upacara kebinekaan Sekertaris Daerah Kabupaten Garut, Iman Alirahman saat dijumpai Wartawan usai mengikuti upacara kebinekaan

KF.-Pemda Garut kini melelang 5 formasi jabatan lowong. yakni Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Slamet Kabupaten Garut, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Garut, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Garut, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut.

Sekertaris Daerah Kabupaten Garut, Iman Alirahman, mengatakan, hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari ketentuan yang harus dilakansakan Pemerintah Daerah (Pemda) sebagaimana Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ditindaklanjuti dengan surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB) dalam rangka pengisian jabatan setelah diberlakukannya Peraturan Pemerintah No.18 tahun 2016 yang dituangkan di daerah dalam Peraturan Daerah no.9 tahun 2016 tentang perangkat daerah.

“Dalam ketentuan Permenpan-RB, bahwa pengisian jabatan untuk pertama kali itu dilakukan pengukuhan, dari mekanisme pengukuhan ini jika ada penggabungan, penghapusan kelembagaan, kemudian menyisakan pejabat yang belum terisi, maka dilakukanlah semacam evaluasi dengan satu mekanisme yang disebut job-fit,” Katanya saat ditemui usai mengikuti apel upacara kebinekaan, Selasa (16/11/2016) dilapangan Alun-alun Garut.

Job-fit yang saat ini sudah berjalan, dilaksanakan oleh tim evaluasi yang diketuai oleh Dr.Maya Rosmayati Ardiwinata, M.Si., Psikolog  dari Universitas Padjadjaran (Unpad), dengan anggotanya Prof. Sadu Wasisyono dari IPDN, Prof. Asep Warlan dari Unversitas Parahyangan (Unpar), Prof Dedi Mulyana seorang guru besar Fikom UNPAD, dan Dr. Imanudin dari Staf ahli Kemenpan-Rb. 

Hasil dari job fit evaluasi, hasilnya dari sekian banyak (pejabat) ada yang sudah tetap berada di jabatan atau bergeser dan hasilnya saat ini masih disimpan, sementara untuk 5 formasi di 5 lembaga Pemerintah Daerah ini menurut Menpan-RB berdasarkan hasil evaluasi, harus ada yang dilakukan penyegaran, dan diantarnaya saat ini yang hendak ditindaklanjuti oleh Bupati Garut dengan lelang seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama pada Pemda Garut.

“Pelamar harus memenuhi syarat khusus, seperti (PNS) Golongan IV a duduk di jabatan eselon 3a minimal, selama 2 tahun paling kurang. Sementara pelamar dari luar Garut juga bisa daftar, asal syarat khususnya terpenuhi, yang bersangkutan sekarang duduk di jabatan eselon 2b,” Ujarnya.

Lebih jauh dikatakan seluruh kepala SKPD yang duduk sekarang sudah dievaluasi oleh tim Pansel, hasilnya sebagian ada yang diketahui, tapi secara formal masih disimpan (belum dipublis) oleh Bupati.

“Jabatan di 5 lembaga itu dilakukan penyegaran berdasarkan hasil evaluasi dari pansel tadi, tapi tidak menutup kemungkinan pejabat yang sekarang menduduki kembali menempati jabatan itu. Jika Pansel menyatakan dengan berbagai hasil ujinya baik tes tertulis, wawancara, psikotesnya baik, bisa saja menempati kembali,” Paparnya,

Lanjut ia saat ini masih dalam tahap pendaftaran selama 7 hari, kemudian dilanjut pemberkasan, setelahnya dilakukan berbagai tes baik itu tes tertulis, psikotes, wawancara yang  diperkirakan tahapannya selesai pada tanggal 29 desember 2016.

“Pengisian jabatan itu direncanakan paling lambat 29 desember, karena januari itu harus dengan SOTK baru dengan pejabat-pejabat yang sudah dikukuhkan,” Pungkasnya. (Ndra.R)

BAGIKAN