Pemkab Garut Berencana Memberlakukan Sanksi Bagi Pelanggar Kebersihan.

91
Ket Foto: Sekertaris DLH H.Guriansyah saat ditemui sejumlah wartawan diruang kerjanya.

GARUT, (KF).- Penanggulangan permasalahan sampah merupakan persoalan serius yang terus dihadapi di Kabupaten Garut.

Bahkan pemerintah kabupaten garut berencana memberlakukan sanksi bagi pelanggar kebersihan. Demikian diungkapkan Sekertaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut, Guriansyah, kepada wartawan di ruang kerjanya. Selasa ( 12 Juni 2109) Siang.

Menurutnya, untuk menjerat siapa-siapa yang melanggar, Pemkab Garut akan membentuk tim tindak pidana ringan (Tipiring).

“Kedepan kita ingin berlakukan denda. Jadi miceun (membuang, red) sampah ka jalan, miceun sampah ke walungan bisa saja didenda 50 ribu sampai 500 ribu rupiah, bagaimana tingkat pelanggarannya. Kita akan membentuk tim Tipiring, disiplin kadang harus dipaksa terlebih dahulu,” kata Guriansyah.

Upaya tersebut perlu koordinasi lebih lanjut dengan instansi lain, mulai dari Satpol-PP, pihak Polri dan TNI untuk dimasukan menjadi bagian tim Tipiring.

“Kita berharap masyarakat bisa lebih sadar akan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan. Bisa dimulai dengan hal kecil seperti kesesuaian dalam menempatkan sampah pada tempatnya, waktunya tidak lebih dari jam 6 pagi dan lainnya. Dengan demikian upaya penanggulangan masalah sampah bisa terurai lambat laun,” pungkasnya. (*)

Editor : Indra Ramdani

BAGIKAN