Pemkab Garut Siap Berikan Bantuan Tambahan Dana Untuk PORDA Sampai Rp.1.5 Milliar

34

GARUT, (KF).- Menjelang gelaran Porda Jabar 2018 Pemda Garut dan KONI Garut menggelar rapat kordinasi, kesiapan PORDA Jabar 2018 yang akan digelar di Bogor, bertempat di Aula BJB, Jalan Ahmad Yani Garut Kamis (5/7)

Hadir dalam pertemuan itu Bupati Garut Rudi Gunawan, Ketua Umum KONI Garut H abdusy Syakur, Kadispora Garut Drs Kuswendi, Kabid Olah Raga Dispora Garut, Sekum KONI Garut serta jajaran Pengurus KONI dan pengurus cabor.

Rapat Kordinasi ini membahas kesiapan Koni menjelang Gelaran Porda Jabar 2018 terutama menyangkut pendanaan yang saat ini diperlukan oleh KONI

“Kita telah mendapat kesepakatan terkait kekurangan dana, namun saat ini Pemda Garut tidak dapat memberikan bantuan dengan dana segar apalagi melalui dana hibah karena tidak mungkin Pemda memberikan dana hibah dua kali dalam satu tahun anggaran,”ujar Rudy Gunawan.

Didapat solusi dengan menyalurkan Anggaran melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Garut, tetapi bukan berbentuk tunai pengadaan barang kebutuhan KONI, melainkan mengakomodir kebutuhan KONI Garut berbentuk pengadaan barang.

Senada dikatakan Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Kadispora) Garut, Drs Kuswendi M.Si menjelaskan bahwa Pemda hanya bisa membantu kebutuhan KONI Garut tetapi bukan berbentuk uang hanya dalam bentuk pengadaan barang atau kebutuhan Kontingen, karena dalam aturan pemberian dana hibah tidak boleh 2 kali dalam satu anggaran, maka dana tambahan tersebut rencananya akan dianggarkan melalui Dispora Kab. Garut dalam anggaran perubahan nanti.

“Barang yang akan diakomodir seperti Jaket,Traning,Sepatu, Bola dan keperluan lain nya yang kisarannya sebesar satu sampai satu setengah milyar, nilai itu belum pasti,karena kami pihak Pemda akan berkordinasi kembali dengan KONI apa saja yang dibutuhkan dan berapa nilai rupiahnya,”Jelas Kuswendi.

Usulan yang disampaikan Bupati terkait Kontingen yang akan diberangkatkan, agar KONI bisa menseleksi kembali yang akan diberangkatkan dan Kontingen mana yang harus dikurangi.

Ketua KONI Garut, Abdusy Syakur Amin menyambut baik atas solusi dari permasalahan yang saat ini dialami oleh KONI Garut dalam menghadapi Porda Jabar 2018,

“Tentunya kami menyambut baik respon Pemda Garut dalam membantu kebutuhan KONI menghadapi Porda ini, dengan demikian Sinergitas KONI dan Pemda Garut sudah terjalin dengan baik,” ujar Ketua KONI Garut.

Lebih jauh Syakur menambahkan mengenai Usulan yang disampaikan Bupati, pihaknya telah menyetujui pengurangan kontingen yang akan berangkat ke Porda menjadi 450 orang yang sebelumnya direncanakan kurang lebih 500 orang atlet. Dan saya berharap bahwa atlet tetap semangat, tetap giat berlatih bahwa Garut bisa juara, paparnya.(J. Gunawan)