Pendaftaran Pelatihan Wirausaha Sosis Bakar Harmoni, Membludak

109
Foto istimewa.

Koran-Fakta.com (KF).-
Kantor Dinas Tenaga Kerja yang berada di Jl.Siliwangi No.73 Kota Tasikmalaya sejak kemarin diserbu oleh para wirausaha dan wirausahawati khususnya yang bergerak dibidang jasa kuliner sosis bakar.

Mereka datang dari penjuru Kota Tasikmalaya bahkan ada yang datang dari Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis.

Pantauan koran-fakta.com di kantor Disnaker Kota Tasikmalaya,  Jumat (15/2/2020) pagi tadi,  rata rata wirausaha dan wirausahawati yang mendaftar berusia masih muda.  Mereka terlihat berlomba untuk mendaftarkan diri sebagai peserta pelatihan wirausaha yang di prakasai oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Tasikmalaya  bekerja sama dengan PT. SUMBER PRIMA ABADI (Produsen Produk Harmoni) yang akan mengadakan pelatihan wirausaha pada Kamis, 20 Desember 2020 mulai pukul 08.30 WIB hingga selesai bertempat RM. Baraya Sunda Jl. BKR Kota Tasikmalaya.

Peserta pelatihan wirausaha ini dibatasi hingga 100 peserta,  karena setiap peserta tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis.  Bahkan dalam pelatihan nanti,  setiap peserta yang akan memulai membuka usaha nanti,  akan diberikan bantuan  peralatan pembakaran/kompor, meja dan spanduk.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tasikmalaya H.Rachmat Mahmuda, SE,M.Si menjelaskan,  pelatihan wirausaha ini bertujuan untuk meningkatkan kesempatan kerja dan mengurangi angka pengangguran khususnya di Kota Tasikmalaya.

“Dari 100 peserta pelatihan wirausaha,  nantinya akan diseleksi mana mana saja peserta yang terlihat serius untuk membuka usaha ini. 50 peserta yang lolos seleksi nantinya akan diberikan bantuan berupa alat pembakar/kompor,  meja dan spanduk. Tapi tidak menutup kemungkinan jika seluruh peserta dinilai serius dan lolos seleksi seluruhnya akan diberikan bantuan perlatan tadi, ” terang Kadisnaker Rachmat kepada koran-fakta.com diruang kerjanya,  Jumat (14/2/2020) pagi tadi.

Mengingat animo peserta pelatihan yang mendaftar begitu banyak, padahal peserta dibatasi hingga 100 orang,  Rachmat meminta kepada peserta yang tidak kebagian untuk bersabar dan menyimpan data di Kantor Disnaker Kota Tasikmalaya.

“Insya Alloh kita akan upayakan untuk melakukan negoisasi dengan pihak perusahaan,  sekira ada penambaham kuota dalam pelatihan nanti,  peserta lainnya diluar kuota bisa mengikuti pelatihan tersebut, ” jelasnya.

Hingga Jumat siang ini,  kurang lebih peserta yang mendaftar sudah di angka 132 peserta. Dan jumlah ini bisa saja bertambah setiap harinya,  walaupun pihak dinas telah membuat pengumuman jika pendaftaran peserta pelatihan wirausaha tersebut telah di tutup pada hari ini Jumat (14/2/2020) siang. (tono efendi)

Editor : Indra R

BAGIKAN