Pengembangan Usaha Pertanian BUMDesa SUKATANI

213

Koran-Fakta.com, (kF),- BUMDesa SUKATANI Desa Sukatani, Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut, mengembangkan kemitraan usaha bidang pertanian dengan para pemuda di wilayahnya. Pengembangan tersebut dinilai mampu meningkatkan ketertarikan pemuda sehingga serius membidangi pertanian untuk menjadi mata pencahariannya. Hal tersebut diungkapkan Asep Jainudin.,S.Sos, Kasi kelembagaan Ekonomi Desa Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yang mewakili Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Garut dalam kegiatan Panen Perdana demplot pengembangan budidaya Bawang Merah BUMDesa SUKATANI.

“Kami memberikan apresiasi terhadap kemitraan BUMDesa Sukatani dengan Kelompok Pemuda Tani Sukatani Kreatif dalam mengembangkan pertanian didesa ini. Harapan kami, kemitraan ini terus dikembangkan dan menyentuh para petani lainnya.”pungkasnya.

Dalam kegiatan yang sama, Yusuf Akbar, Ketua BUMDesa SUKATANI menjelaskan bahwa bidang pertanian merupakan salah satu potensi yang bisa dikembangkan diwilayah desanya, mengingat hampir 80 persen wilayah Desa Sukatani merupakan wilayah pertanian dengan sebagian besar penduduknya bermata pencaharian buruh tani dan petani.

“Kalibrasi usaha bidang pertanian telah kami jalankan setahun belakang ini, dan kami telah mencapai pada tahap penentuan estimasi kebutuhan, resiko dan jaminan pemasaran. Untuk selanjutnya, kami akan kembangkan usaha ini lebih masiv lagi”, jelas Yusuf.

Dikatakan Yusuf, selama melakukan kalibrasi usaha bidang pertanian ini, kami belum pernah tersentuh perhatian dari instansi atau dinas terkait pertanian, kami belajar dari internet dan diaplikasikan secara otodidak sehingga wajar jika hasilnya belum mampu mencapai target yang diinginkan

“kami bersyukur dan berterima kasih kepada Kepala Desa Sukatani sebagai komisaris BUMDesa SUKATANI yang telah memberikan kepercayaan serta dukungan penuh dalam menjalankan kalibrasi usaha ini.”pungkas Yusuf.

Ditempat terpisah, Wahyu Irwan, Kepala Desa Sukatani mengatakan bahwa pihaknya terus memantau perkembangan kalibrasi usaha bidang pertanian yang diselenggarakan BUMDesa SUKATANI dikarenakan target selanjutnya adalah kerjasama dengan para petani diwilayahnya secara menyeluruh.

“Core Bisnis pengembangan usaha pertanian kami adalah pengembangan budidaya Bawang Merah dengan tumpang sari sayuran lainnya dalam satu kali tanam. Panen perdana saat ini merupakan tahap pertama dari tiga tahap penanaman. Saya menunggu Standar Operasional Prosedur (SOP) dan analisa usaha bidang pertanian dari para pengurus BUMDesa SUKATANI setelah panen tahap ketiga selesai.”Jelas Wahyu.

Lanjut Wahyu, Pemerintah Desa Sukatani mendukung BUMDesa Sukatani dalam pengembangan usaha bidang pertanian dengan harapan nantinya desa kami menjadi desa dengan ketahanan pangan yang mumpuni, petani mampu meningkatkan pendapatannya dan indeks perekonomian desa kami juga meningkat,

” Ditengah bencana wabah Covid 19 saat ini, menciptakan peluang usaha dan lapangan pekerjaan merupakan tanggung jawab semua pihak. Langkah awal dengan menggali potensi, mengembangkan kreatifitas dan terbentuk kerjasama antara BUMDesa SUKATANI dengan para pemuda dinilai tepat dan perlu dikembangkan secara berterusan,” harap Wahyu menutup perbincangan. (Den)

Editor: J Wan

BAGIKAN