Pengukuhan Lembaga Forum Kepala Sekolah Swasta Dihadiri Bupati Garut.

72
Foto istimewa

GARUT, (KF).- Para Kepala Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) diwilayah kerja kabupaten Garut mengukuhkan Lembaga Forum Kepala Sekolah Swasta ( FKSS ) Kabupaten Garut yang diketuai Oleh H.Acep Sujana Zakaria. Beliau merupakan Kepala Sekolah SMK Ma’arif Garut. Rabu (5/9/2018) Siang.

Pengukuhan yang berlangsung di gedung pendopo garur dihadiri Bupati Garut H.Rudy Gunawan, juga ketua SKCD Garut Lilis Rosita, Kabid SMP Disdik Garut Totong, perwakilan Disdik Provinsi Jawa Barat dan Tamu Undangan.

Dalam sambutannya Bupati Garut Rudy Gunawan mengucapkan terima kasih kepada Sekolah SMA/ SMK yang ada di kab Garut karena telah turut serta mencerdaskan Putra Putri warga masyarakat Garut.

” Tentunya Sekolah – sekolah ini telah turut membantu meningkatkan sumber daya masyarakat di bidang pendidikan kab Garut”, kata Bupati Rudy Gunawan.

Lanjut H.Rudy Gunawan, perlu diperhatikan juga bahwa saat ini agak was-was karena ada beberapa prilaku yang harus kita perbaiki baik di tingkat SD, SMP dan SLTA yaitu bagaimana kita menggelorakan mereka yang bersekolah itu memiliki harapan yang jauh kehidupan kedepan.

” Yaitu melanjutkan pendidikan sarjana atau mereka bekerja memiliki tempat terhormat untuk kehidupan masa depannya,” jelas Bupati Garut.

Diakhir sambutan Bupati Garut memaparkan keprihatinannya, setiap tahun sekolah-sekolah yang ada. Pemkab Garut melahirkan lulusan sebanyak 28.000 Siswa, dengan yang melanjutkan ke Sekolah tinggi hanya 5000 Siswa sedangkan 23.000 lagi perlu kita pikirkan bersama.

” Ini adalah persoalan yang harus kita hadapi, ini persoalaan kemanusiaan dan ini persoalan masa depan seorang anak warga negara Indonesia yang ada di Kab Garut” tegasnya.

Sebagai Sekolah Swasta lanjut Rudy, dirasakan sangat berat dalam persaingan dengan Sekolah Negeri, dimana fasilitas Negeri sangat terjamin, sebagaian Guru nya PNS di gaji negara, berbagai bantuan mengalir dan Biaya Operasional Sekolah ( BOS ) pun menerima, tetapi biaya masuk sekolah nya tetap mahal, dengan alasan hasil musyawarah Komite, hal ini sangat berbeda drastis dengan sekolah – sekolah swasta, hanya sedikit sekolah swasta yang memiliki fasilitas memadai.

” Oleh karena itu Saya memohon bantuan Kepada Saudara – saudara kalau ada apa – apa dan itu sesuai dengan ketentuan apalagi yayasan ayo berunding dengan Pemkab Garut”, ajak Rudy Gunawan.

Sementara itu Ketua FKSS mengatakan, tujuan dibentuknya FKSS sebagai ajang pengikat silaturahmi terutama di SMK tingkat Swasta yang saat ini berjumlah lebih dari 170 SMK, lebih banyak dibandingkan SMK Negeri.

” Selain Silaturahmi, Forum ini bisa meningkatan pula sekolah swasta bisa mulai dari tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional, yang khusus di kabupaten Garut sendiri memiliki kualitas pendidikan yang baik dari sekolah negeri”, kata Acep Sujana.

Lanjut Acep Sujana, keberadaan FKSS bukan sebagai Tandingan dari MKKS yang telah ada, tapi merupakan satu kesatuan namun berbesa tujuan.

” Tujuan organisasi kita itu adalah sebuah Forum di tingkat SMK swasta, dengan harapan organisasi kita dapat mendorong pemerintah untuk mensejajarkan sekolah – sekolah swasta yang ada dengan sekolah negeri yang saat ini sangat timpang seperti apa yang digambarkan Bupati Garut dalam sambutannya”, pungkas Acep Sujana Zakaria.

Laporan : Tim

Editor : Indra R

BAGIKAN