Penilaian Lomba Siskamling Tingkat Polda Jabar Di Wilhum Garut

231

Garut, (KF)- Jumat (19/05/2017) Penilaian pos kamling tingkat Polda Jabar di Kabupaten Garut dilaksanakan di Pos kamling Kampung Sumber Sari Timur RT 03 RW 08 Kelurahan Regol Kecamatan, Garut Kota. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari peringatan Hut Bhayangkara yang ke-71.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kabag Bin Ops Dit Binmas Polda Jabar Akbp Hermansyah,SH,MM beserta rombongan tim juga dihadiri Forkopim Kec GarutKota, para kepala lurah, warga RW 08 serta tamu undangan.

Dalam kegiatan itu, Kabag Bin Ops Dit Binmas Polda Jabar, AKBP Hermansyah menyampaikan beberapa arahan dalam tentang tata cara kinerja Poskamling yang baik dan benar, serta tata cara penanganan kejadian dan memelihara Kamtibmas. Diantaranya beberapa pertanyaan kepada para awak Poskamling sebagai tugas ronda menjaga ketertiban dan keamanan, seperti , dalam hal antisipasi kejadian pada saat kegiatan Ronda / Kamling dan membantu penyelesaian Perselisihan di masyarakat. Serta kelengkapan ronda wajib yang harus dibawa, dan penguasaan Bunyi Suara jenis kentongan kejadian yang harus diketahui oleh warga.

Tim penilai Polda Jabar saat memberikan arahan dan  paparan pada warga.

Usai acara penilaian saat ditemui, AKBP Hermansyah mengatakan, ini merupakan salah satu rangkaian dari peringatan Hut Bhayangkara yang ke -71.
” Mudah-mudahan dengan lomba siskamling ini masyarakat semakin mengetahui manfaat tentang
siskamling. pertama untuk keamanan dan kedua masalah peduli sosial,” ungkapnya pada awak media.

Lebih jauhnya, Untuk keteria penilaiannya sendiri pada siskamlingnya bukan pada pos kamlingnya,” Kami menilai siskamling dilihat dari Kelengkapan sarana prasarana dan keaktipannya di ronda malam, bagaimana antusias masyarakat ngaronda.

Sambung dia, di wilayah hukum Polda Jabar ada, sebanyak 22 Polres semua ditilai, dan ini penilain yang ke 9, jadi masih ada 13 Polres lagi yang belum kami tilai. Setelah ini juga ada lomba Desa oleh Provinsi Jawa Barat, dan untuk tim penilainya terdiri dari Kodam, Polda dan dari Provinsi untuk lomba desa karena ini menyangkut masalah kebangsaan NKRI,” jelasnya.

AKBP Hermansyah SH MM saat wawancara dengan para awak media
Selain itu, AKBP Hermansyah menyampaikan, tufoksi FKPM di tubuh kepolisian, yaitu tugasnya untuk membantu kepolisian dalam penyelesaian perselisihan di masyarakat, seperti permasalahan kasus ringan yang terjadi dan bisa langsung diselesaikan,” pungkasnya.

Sementara itu Kapolek Garut Kota Kompol Uus Susilo SE mengatakan, lomba pos kamling ini diadakan oleh polda Jabar dalam rangka Untuk meningkatkan peran serta masyarakat menjaga ketertiban dan keamanan wilayah lingkungan, jangan sampai ada asumsi bahwa keamanan itu milik polri, bahwa setiap warga negara itu wajib menjaga keamanan.” intinya bisa mengangkat nama baik Kecamatan Garut Kota khususnya dan Kabupaten Garut pada umumnya “ujarnya.

Lanjut dia, kalau menurut saya, kita bisa bersaing dengan derah yang lainnya, ” harapnya, mudah-mudahan menjadi juara satu karena Garut Kota ini pernah menjadi juara tingkat Jawa Barat, yaitu kel.Margawati pokoknya kita optimis lah bisa juara,” tandasnya.

Senada diucapkan Camat Garut Kota, Drs Bambang Hafid, ” saya yakin bisa juara lomba pos kamling ditingkat Polda Jabar, “pungkasnya ( J Wan)

BAGIKAN