Peringatan HUT RI ke 73 di Kecamatan Sukaraja Semarak

156

TASIKMALAYA, (KF)- Upacara Detik detik Proklamasi RI ke 73 tingkat Kecamatan Sukaraja berlangsung Khidmat dan semarak.

Ribuan peserta upacara yang berasal dari berbagai kedusunan dan elemen masyarakat dan sekolah di dua Desa, diantaranya Desa Janggala dan Desa Sukapura memadati lapang Janggala Kp.Parakantiga Desa Janggala Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya.

Camat Sukaraja Ir.Pambudi Setiawan selaku Inspektur Upacara dalam sambutan tertulis  Bupati Tasikmalaya mengatakan, moment Hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke 73 ini merupakan suatu anugrah dari Alloh SWT melalui para pejuang Kemerdekaan RI. Dan peringatan ini merupakan bentuk tasyakur binikmat yang diberikan oleh semangat para pejuang kita oleh karena itu marilah kita isi kemerdekaan ini dengan kegiatan kegiatan positif dan bermanfaat.

Dikatakannya, Rendahnya rasa solidaritas sosial dan pemahaman dalam menilai sejarah. Mari kita kibarkan kembali semangat perjuangan didalam hati kita.

Apalagi ancaman terorisme merupakan ancaman serius dan kita harus waspada apalagi negara kita merupakan Islam terbesar di dunia. Termasuk ancaman paham Komunisme.

Ulama dan kyai merupakan pelopor kemerdekaan RI. Karena semangat Islam di Indonesia merupakan salah satu keberhasilan rasa nasionalisme Indonesia yang diperjuangkan oleh para Kyai dan ulama.

Tiga pilar utama kita harus jaga, karena merebut kemerdekaan dan memperjuangkan rasa nasionalisme merupakan salah satu peran dan perjuangan para Kyai dan ulama kita.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, yang  telah dicapai harus kita pelihara secara optimal, dan tetap menjaga pentingnya persatuan kesatuan, dan sinergisitas masyarakat dengan pemerintah harus kita pupuk bersama,” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Desa Janggala Asep Ahmad Kastoyo, Kepala Desa Sukapura Dra.Cucu Komalasari, Kapolsek Sukaraja AKP.Sutopo Kresno, Danramil Sukaraja Kapten.Inf. Andri Mulyono, para Muspika Sukaraja ,LVRI, DHC 45 dan mantan Pejuang Kemerdekaan Sukaraja serta tokoh masyarakat dan pemuka agama diwilayah Sukaraja.

Setelah upacara, ribuan peserta upacara yang menggunakan pakaian pernak pernik khas para pejuang Tempoe Doeloe membuat semarak acara peringatan HUT RI ke 73 tingkat Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya.

Jurnalis : Tono Efendi

Editor. : j Wan