Peringati HUT Pramuka Ke-58, SMPN 1 Cilawu Adakan Kegiatan Kamping

27

Koran-Fakta.com, (KF).- Dalam upaya mengimplementasikan pendididikan karakter kepada para siswa didiknya, SMPN 1 Cilawu Kabupaten Garut mengadakan kegiatan perkemahan pramuka, selama dua hari dua malam, mulai Selasa sampai Rabu, 13 – 14 Agustus 2019 dipusatkan di kampus sekolah Jl. Raya Genteng, Margalaksana, Kec. Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Kepala SMPN 1 Cilawu, R Yusup Gautama menuturkan perkemahan ini dilaksanakan karena pramuka merupakan salah satu sistem kurikulum pendidikan sekaligus dalam rangka menyambut Hari Pramuka ke-58 tahun 2019.

Lanjut dikatakan Yusup, kegiatan pramuka wajib dilaksanakan oleh satuan pendidikan dengan tujuan pembelajaran kepramukaan dapat menumbuhkan nilai karakter dalam diri siswa sehingga akan membentuk siswa yang beriman, bermoral, berjiwa patriotik.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa menjadikan siswa yang berkualitas secara moral, mental, spritual, intelektual, fisik dan ketrampilan. Selan itu diharapkan akan membentuk siswa yang disiplin, taat aturan dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa, berjiwa pancasila dan peduli terhadap sesama dan alam sekitar,” ucap Yusup.

Pada kesempatan yang sama ketua pelaksana kegiatan Odang Darmawan mangatakan perkemahan ini diikuti 396 peserta tingkat penggalang.

Dijelaskan Odang dalam kegiatan ini para peserta mendapat materi pelatihan diantaranya PBB, penjelajahani, semaphore dan morse.

Lanjut dijelaskan Odang pada kegiatan perkemahan pramuka tahun ini, pihaknya sengaja melaksanakan di kampus sekolah dengan alasan pertimbangan kondisi cuaca. Saat ini kondisi cuaca di Kabupaten Garut lagi extrim (dingin).

“Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan maka kami putuskan, perkemahan ini dilaksanakan di sekolah. Semoga pelaksanaan perkemahan ini berjalan lancar tanpa ada ekses dan kegiatan perkemahan ini bisa memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi peserta,” pungkasnya. ( J Gunawan)

Editor : Van’s

BAGIKAN