Perkotaan Garut Disulap, Menjadi Bazar Ramadhan

280

Garut, (KF) – Disepanjang jalan perkotaan Garut telah dilaksanakan pengukuran lapak untuk para PKL, hal ini seiring diberlakukannya Bazar Ramadhan di beberapa titik zona merah di kawasan Pengkolan, yang mana sekitar 1,5 meter bahu jalan akan dipakai jualan selama Ramadhan 1438H. Rencananya lapak tersebut diperuntukan untuk para PKL yang sudah memiliki lapak di Gedung 1 dan 2,

Sementara itu, Sekertaris Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Garut, Dede Rohmansyah, mengatakan, pasca adanya permohonan dari Lembaga Pedagang Kaki Lima Garut (LPKLG) agar bisa berjualan di kawasan Pengkolan, setelah difasilitasi dan disetujui dengan kesepakatan dari para SKPD juga pihak terkait lainnya, akhirnya mendapat solusi dengan mengadakan bazar Ramadhan yang dibawah naungan Disperindagpas-ESDM Kabupaten Garut.

“Setelah menghadap Pak Bupati, dipersilakan (mengadakan bazar, red) selama bulan Ramadhan dengan beberapa catatan yang harus dipatuhi terutama oleh pedagang,” katanya.

Saat melakukan pengukuran dan pemberian tanda batas roda jualan

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan bazar ramadhan di Pengkolan diantaranya, tertib, menjaga kenyamanan pembeli maupun penjual, tidak mengganggu arus lalu lintas, lebar maksimal tempat pedagang 1,5 meter dari bahu jalan, menghadap trotoar (tidak ke jalan raya), pertigaan ciledug radius 3 meter dan jalan ciledug sebelah kanan bersih dari lapak PKL, begitupun dengan jalan Cikuray (dari kantor telkom sampai siliwangi)

“Nanti ada Gapura Bazar Ramadhan di depan pertigaan Jalan Ciledug Ahmad Yani. Zona parkir juga tetap sesuai fungsinya, kendaraan tidak parkir sembarangan, pedagang mematuhi kesepakatan yang sudah dibuat. Malam takbir pengkolan kembali tertib,” katanya.

Yang berjualan di Pengkolan yakni yang sudah tercatat di LPKLG, adapun pedagang dadakan yang berjualan itu berdasarkan Satgas dari PKL dengan tetap menekankan patuh pada ketentuan yang disepakati mengenai pelaksanaan Bazar Ramadhan ini. (J Wan)

BAGIKAN