Perkuat Pengawasan dan Penanganan Pelanggaran, Panwaslu Garut Gelar Rakernis.

64
Saat berlangsungnya acara Rakernis (foto Istimewa)

GARUT,(KF).- Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) kabupaten Garut menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Pengawasan dan Penanganan Pelanggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Barat serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Garut di Resort & Spa Kampung Sampireun Samarang Garut, selasa (15/5/2018).

Kepala Sekretariat Panwaslu Kabupaten Garut, Nurdiaman S.Sos,M.MPd mengatakan kegiatan ini sendiri dilaksanakan selama dua hari.

” Tujuannya untuk memperkuat pengawasan serta penindakan pelanggaran dalam pelaksanaan tahapan kampanye Pilgub Jawa Barat dan Pilbup Garut 2018 yang kini masih dalam tahapan kampanye,” ujar nurdiaman.

Kegiatan ini sendiri mengundang Pimpinan Bawaslu Propinsi, Ketua dan anggota Panwaslu Kabupaten serta seluruh kepala sekretariat dan Komisioner Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Garut.

“Sengaja kami hadirkan komisioner kecamatan bersama kaseknya agar supaya dalam melaksanakan kinerja pengawasan serta penindakan pelanggaran bisa bekerja sama secara maksimal dalam pembuatan laporan administrasinya.”Jelasnya

Sementara Anggota Panwaslu Garut Divisi Penindakan dan Pelanggaran, Ayi Nursahid S.Pd.I mengungkapkan.
Semakin dekat dengan hari pemungutan suara, maka kontalasi pelanggaran dalam kampanye diprediksi juga akan semakin besar.

“Makanya perlu dilaksanakan Rakernis ini untuk bahan pengawas dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasannya serta penanganan pelanggaran, ini dibuktikan dengan meningkatnya laporan pelanggaran dari tiap kecamatan, baik pelanggaran administrasi maupun pelanggaran pidana” ungkapnya

Hal yang sama di tekankan Ketua Panwaslu Garut, Asep Burhanudin SH.MH dalam sambutannya sebelum membuka Rakernis tersebut.

Menurut Asep, target dari kegiatan ini agar pengawas di semua tingkatan terus dibekali dalam menjalankan tugas dan fungsi pengawasan sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku.

“Pengawas juga diminta untuk jeli dan tetap professional dalam melakukan pengawasan,”pintanya.

Kepercayaan publik kepada Panwas Kabupaten Garut terus meningkat, namun kita jangan terus berbangga hati tapi semua itu dijadikan tantangan kita untuk lebih meningkatkan kinerja dalam pengawasan. Melalui Rakernis ini juga jadi evaluasi terhadap tahapan kampanye dan menyelesaikan temuan serta laporan. Pungkasnya.

Oleh : Indra R/H.Fajar

Editor : Van’s
.

BAGIKAN