Pesta Rakyat Harusnya Gratis,  Pedagang di Pameran Tasik Kreatif TOF 2019 Keluhkan Tarif Sewa

82

Koran-Fakta.com, (KF). –Ungkapan Walikota Tasikmalaya Drs.H.Budi Budiman saat membuka helaran Pameran Tasik Kreatif dalam rangka Hari Jadi Kota Tasikmalaya ke 18 dilapang Dadaha, Minggu (13/10/2019) kemarin, yang menyebutkan pameran kreatif untuk pengrajin dan kuliner, waktu yang diberikan hanya tiga hari terlalu pendek, seharusnya berlangsung selama seminggu, ternyata ada benarnya.

Beberapa pelaku usaha khususnya dari masyarakat umum diluar UMKM ternyata dikenakan sewa tenda mengeluhkan dengan biaya sewa yang cukup tinggi dengan waktu hanya tiga hari.

“Kami sewa tenda ini sekitar Rp. 2,7 juta hampir 3 juta, belum operasional kami selama tiga hari kedepan bisa mencapai Rp. 500 ribu, sementara waktu kami disini hanya 3 hari. Dan penghasilan kami hingga malam ini belum mencapai 500 ribu, ” keluh pelaku usaha barang barang elektronik yang namanya enggan disebut kepada koran-fakta.com, Minggu (13/10/2019) malam kemarin.

Masih kata sumber tadi, seharusnya dengan biaya sewa tadi, pelaku usaha dari Kota Tasikmalaya itu berharap tahun depan biaya sewa jangan terlalu tinggi dan waktunya jangan mepet tiga hari seperti ini.

“Jujur pak, kita mah gambling buka stand disini dengan waktu pendek biaya sewa lumayan tinggi, balik modal saja sudah syukur rasanya tanpa berharap untung,” ucap sumber tadi.

Bahkan para pelaku usaha dari masyarakat umum berharap, dalam helaran Pameran Tasik Kreatif TOF mendatang bisa di gratiskan. Kota Tasik kan lagi ulang tahun, ya sekali kali kita kita pelaku usaha kecil di gratiskan apalagi ini pesta rakyat setahun sekali, celetuk pelaku usaha lain yang sama sama mengekuhlan biaya sewa tenda tempat usaha.

Namun beda lagi dengan pelaku usaha kuliner dari masyarakat umum. Mereka mengaku bisa meraup untung di hari pertama pameran.

“Kita sewa tenda usaha ini hanya 1 jutaan selama tiga hari, tadinya sih gambling apa jualan di pameran ini bisa untung. Tetapi alhamdulilah pak, baru sehari jualan kita laris sampai 2 jutaan lebih,” ungkap mas penjual sosis dan makanan sejenis ini yang terlihat sibuk melayani pembelinya malam tadi.

Dalam Pameran Tasik Kreatif di lapang Dadaha yang berlangsung 13-15 Oktober 2019, terdapat ratusan stand berbagai ukuran. Dari informasi yang diserap, untuk para pelaku usaha yang tergabung dalam UMKM binaan Disperindag tidak dikenakan biaya, termasuk stand stand yang ditempati oleh dinas dinas pun gratis.

Kecuali para pelaku usaha dari masyarakat umum dikenakan biaya tarif yang bervariasi dari mulai 1 Jt hingga 3 juta. Padahal anggaran untuk perhelatan Pameran Tasik Kreatif untuk rangkaian TOF 2019 sudah pagu anggaran dari Pemerintah. Kini masyarakat tidak sedikit mempertanyakan, biaya sewa tenda usaha di stand pameran Tasik Kreatif larinya ke mana…? Wallohualam.. (Tono Efendi)

Editor: J Wan

BAGIKAN