Petani Kangkung, Bangga Dengan Kegiatan Penanaman Pohon Yang Dilakukan Forkopimcam Garut kota

109
Ket Foto : Enda (62) salah seorang petani Kangkung, Warga Kp. Sindangwargi, Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut kota. (Foto oleh : Indra R)

Koran-Fakta.com (KF).- Penanaman pohon yang dilakukan Forkopim Kecamatan Garut kota, di sepanjang bantaran sungai Cimanuk mendapatkan respon positif dari warga masyarakat sekitar bantaran sungai.

Penanaman pohon yang dilakukan secara serentak Forkopim tersebut. Itu dilakukan sesuai instruksi Presiden Republik Indonesia dan Kapolri. Bahkan warga masyarakat yang berada di wilayah bantaran sungai Cimanuk nampak antusias ikut dalam pelaksanaan giat tersebut.

Saat ditemui Camat Garut kota Drs Bambang Hafidz M Si, didampingi Kapolsek Kompol H Uus Susilo serta Danramil 1101 Lettu ARH Edi Waryanto mengatakan pihaknya sengaja mengambil lokasi penanaman diwilayah bantaran sungai Cimanuk mengingat lokasi tersebut rawan terkena bencana banjir.

“Seperti kita ketahui dulu kita punya pengalaman pahit mengenai bencana banjir yang terjadi dilokasi ini, ” katanya.

Lanjut Bambang, kegiatan penanaman pohon tersebut melibatkan semua unsur, baik itu dari TNI, Polri, Instansi Pemerintah, Lurah, Kader, RT, RW dan warga masyarakat.

“Sebelumnya penanaman pohon ini sudah dilakukan di kelurahan Paminggir dan sekarang di Pakuwon, kita tanam 500 pohon lebih, terdiri dari tanaman kayu keras dan buah-buahan,” beber Camat.

Sementara Kapolsek Garut Kota Kompol H Uus Susilo, menyampaikan himbauan kepada warga masyarakat agar menjaga tanaman tersebut agar bisa tumbuh dengan baik.

“Tanaman ini kan sangat bermanfaat terutama bila terjadi pengikisan tanah atau erosi, kita semua tahu sungai Cimanuk pernah terjadi banjir. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini kita bisa mengantisipasi terjadi pengikisan tanah dan banjir di bantaran sungai ini,” kata Kapolsek

Ditempat terpisah, Enda (62) salah seorang petani Kangkung, Warga Kp. Sindangwargi, Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut kota yang saat itu ikut serta dalam pelaksanaan kegiatan penanaman pohon tersebut merespon positif kegiatan penanaman pohon yang dilakukan, Forkopim Kecamatan Garut kota.

“Dengan ditanamnya pohon pohon seperti saat ini dilokasi x banjir bandang, maka lokasi yang tadinya gersang akan menjadi asri, rindang sejuk juga menjadi resapan air,” kata ia

Lanjut Enda, pihaknya merasa bangga dengan program yang dilakukan pihak pemerintah, TNI dan Polri tersebut.

“Tentunya kami bangga dengan apa yang saat ini dilakukan pihak pemerintah dengan TNI dan Polri, guna mewujudkan kepedulian lingkungan,” pungkasnya. (Indra R)

Editor : Van’s

BAGIKAN