Petani Parakanyasag Menyambut Baik, 400 Meter Irigasi Yang Jebol Segera Diperbaiki Dinas PUPR

162

Koran-Fakta.com,(Kota Tasikmalaya)
Para petani dan peternak ikan yang biasa menggarap lahan persawaham dan kolam di wilayah Kelurahan Parakanyasag Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya, dalam waktu dekat ini bisa bisa bernafas lega. Pasalnya, kekeringan yang melanda akibat saluran irigasi yang jebol pada tembok saluran irigasi sukamandi,  yang sudah lama bertahun tahun dibiarkan “amburadul” itu, kini mulai ada titik terang setelah pada Selasa (28/7/2020) pagi tadi, team dari Korwil Cimulu PSDA Dinas PUPR Kota Tasikmalaya tiba dilokasi irigasi Sukamand.

Dari pantauan wartawan di lapangan,  tim  menerjunkan sekitar 10 orang pegawai dari Korwil Cimulu Dinas PUPR Kota Tasikmalaya.  Mereka langsung bekerja dengan membawa 12 karung berisi tanah dan 6 buah batang pisang. Para pegawai tadi akhirnya berhasil membendung saluran irigasi Sukamandi yang selama ini menjadi persoalan pelik bagi para petani dikawasan tersebut.

“Apa yang kita lakukan ini sebetulnya hanya untuk sementaa saja, sedangkan untuk penanganan secara permanen belum dapat dilakukan. Mengingat, saat ini belum ada instruksi dari Dinas. Oleh karena itu sementara ini cara pembendungan kita gunakan beberapa karung dengan tujuan agar air bisa mengalir dulu hingga ke ujung, ” terang Agus selaku kepala Korwil Cimulu yang membawahi irigasi Citanduy-Cikalang kepada koran-fakta.com,

Masih kata Agus, Sebetulnya anggaran sudah ada dari DAK, cuma belum ada “priwit” atau intruksi dari atasannya di Dinas. Jadi sambil menunggu intruksi, saat ini kita tanggulangi dulu secara darurat, yang penting air bisa mengalir dulu, jelas Agus yang menerangkan total penangganan saluran irigasi itu sepanjang 11,8 kilometer.

“Anggaran untuk perbaikan saluran irigasi yang ambruk ini diperuntukan untuk menyambung saluran Sukamandi yang berada di seberang makam, dengan total panjang sekitar 400 meter. Sehubungan satu jalur dan jaraknya tidak terlalu jauh dengan yang sudah terbangun dan roboh, maka sekalian disatu paketkan nantinya, ” tambah Agus sembil telunjuknya menunjukan  ke arah yang akan segera dibangun. (Tono Efendi/Tom)

BAGIKAN