PKPU Bekerja Sama Dengan Pemkab Garut Bangun Rumah Relokasi Bagi Korban Bencana Banjir

357
Ket Foto: dra R Wakil Bupati Garut Dr Helmi Budiman bersama direktur PKPU, Agung Notowigono Juga ketua pembina Yayasan Pikiran Rakyat Syafik Umar

KF.-Banjir bandang yang terjadi Dibeberapa wilayah di kabuaten Garut bulan lalu menyisakan kerugian yang tidak sedikit bagi para warga yang terkena bencana banjir tersebut. Bantuan bagi Korban Banjir bandang hingga sampai saat ini terus mengalir dari berbagai pihak, baik logistik atau Sembako. Namun bantuan besar dalam bentuk pembangunan rumah bagi korban bencana kinipun terus meluas. Seperti bantuan yang diberikan PKPU yang bekerja sama dengan pemerintah kabupaten Garut dengan melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan 10 Unit rumah relokasi bagi warga yang terkena akibat banjir bandang, Kamis(3/11/2016) Siang.

Pembangunan tersebut Bertempat di blok kopi Lombong, Kampung Pamoyanan Kelurahan Sukagalih Kecamatan Tarogong kidul, kabupaten Garut.” ini adalah bentuk sinergi antara Pemerintah dan masyarakat dalam upaya pemulihan bagi warga yang terdampak banjir Garut. Mereka yang diberikan rumah adalah diprioritaskan yang rumahnya hancur dan hanyut terbawa banjir dan berada dalam zona berbahaya dari bantaran sungai Cimanuk. Kita berupaya agar masyarakat Garut segera bangkit dari musibah ini,” Ujar Presiden direktur PKPU, Agung Notowigono.

PKPU berperan aktif dalam respon terhadap bencana banjir di Garut sejak hari pertama melalui berbagai program.mulai dari tahap tanggap darurat seperti penyediaan dapur air, distribusi hingga perlengkapan sekolah. Gotong royong bersama warga dalam pembersihan sisa lumpur banjir hingga bedah sekolah dan distribusi gerobak bagi warga terdampak agar dapat berjualan kembali.

Sementara Wakil Bupati Garut Dr Helmi Budiman usai melakukan peletakan batu pertama mengatakan, “ada lima lokasi yang disediakan untuk relokasi korban banjir, yang pertama diwilayah Panunggangan, kemudian yang kedua disinih di blok kopi Lombong, kampung Pamoyanan, kecamatan Tarogong kidul,” Katanya.

saat peletakan batu pertama
saat peletakan batu pertama

Lanjut ia lokasi ini sangat strategis karna berdekatan dengan wilayah perkotaan,” disini kurang lebih ada 4000 Meter, paling tidak 42 Rumah yang rencananya akan dibangun disini beserta pasilitas umum baik jalan dan sebagainya,” Ucapnya

Lebih jauh dikatakan, pihaknya sangat berterima kasih sekali atas bantuan dari PKPU juga Pikiran Rakyat untuk pembangunan Rumah bagi korban bencana banjir yang rencananya akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, Pungkasnya.(dra R)

BAGIKAN