Polres Garut, Gelar Press Release Kasus Pungutan Liar Di Pantai Santolo

509
Ket Foto: Polres Garut saat menggelar Press Release tindak pidana pemerasan dan pungutan liar. (Foto oleh : J.Gunawan)

GARUT, (KF).- Polres Garut menggelar press Release tindak pidana pemerasan dan pungutan liar kepada wisatawan di pantai Santolo kecamatan Cikelet kabupaten Garut yang sempat viral di medsos IG dan You tube beberapa hari lalu.

Giat tersebut dihadiri para Jurnalis baik dari media cetak, elektronik dan media online, di laksanakan di Lobby Mapolres Garut, Senin (06/05/2019) sore.

Kapolres Garut Ajun Komisaris Besar Polisi ( AKBP ) Budi Satria Wiguna,SIK mengatakan, tindakan ini kami lakukan berawal dari adanya laporan atas pemerasan yang terjadi di pantai Santolo oleh sekelompok orang terhadap pelapor yang merupakan wisatawan.

” ini sebagai tindak lanjut kejadian tersebut yang juga sempat viral di medsos belum lama ini, menyangkut wisatawan dari luar Garut yang sengaja main untuk berlibur di wilayah wisata pantai selatan santolo dan mendapatkan kelakuan yang tidak kurang pas dari beberapa oknum yang disinyalir oknum di luar petugas resmi , pungutan karcis atau parkir,” ungkapnya

Lebih jauh Kapolres mengatakan, Kejadian tanggal 30 April 2019 dan tanggal 1 Mei tim Reskrim Polres Garut langsung bertindak, “Alhamdulillah kami bisa menangkap 5 orang yang diduga pelaku pemalakan dan kami amankan , untuk kita tindak sesuai ketentuan hukum yang berlaku”, kata Kapolres Garut.

Masih kata Kapolres Budi Satria Wiguna, dari para tersangka kami menyita sejumlah uang Rp.1.960.000,- dan kertas sejenis tiket yang di duga palsu.

” Selain melakukan pemalakan, para tersangka juga melakukan pemalsuan tiket resmi, oleh karena itu mereka kami jerat juga dengan pasal pemalsuan, dengan pasal yang dikenakan pasal 368 KUHP dan pasal 263 KUHP dengan ancaman 9 Tahun”, jelas Budi.

Ke depan Kapolres Garut menghimbau, kepada siapa saja yang melakukan tindakan menyalahi aturan di luar biaya resmi di tempat – tempat wisata yang ada di Garut, Polres Garut tidak akan segan – segan untuk melakukan tindakan penangkapan dengan tuduhan pemerasan, begitu pula kepada masyarakat dan para wisatawan yang datang ke Garut diharapkan untuk melaporkan apabila ada tindakan – tindakan yang diluar aturan yang ada di obyek – obyek wisata di kabupaten Garut.

” Kabupaten Garut ini banyak sekali obyek – obyek wisata yang sangat bagus dan indah, sayang kalau dikotori oleh oknum – oknum yang memanfaatkan untuk kepentingan pribadi, jangan coba – coba polres akan sikat biar aman Garut”, pungkasnya. (J.Gunawan)

Editor : Yusuf Akbar

BAGIKAN