PORKAB 2016, Demi Wujudkan Tri Sukses

238
Ket poto: H Abdusy Syakur, H Ato Hermanto, H Ade Hendarsyah

KF,- Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) tahun 2016, dimulai tanggal 23 – 31 Desember 2016. Dengan jumlah peserta sebanyak 42 Kecamatan se- Kab Garut melibatkan 6.500 atlet lebih dan 1.500 ofisial, dengan tema” memperkokoh komitmen meraih prestasi terbaik di PORPROV Jabar XIII Tahun 2018 menuju Kabupaten Garut yang martabat”.

Saat jumpa press, Rabu (14/12/2016) di Sekretariat KONI Garut .ketua umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Garut, H. Ato Hermanto, didampingi Sekretaris Umum Abdusy Syakur dan Ketua Panitia Porkab Ade Hendarsyah. mengatakan, Porkab ini bukan hanya hajat KONI, tapi hajat bersama seluruh lapisan masyarakat kab Garut, dengan tagline” Garut Hebat, Garut Bermartabat”.

“Konsep secara keseluruhan pada penyenggaraan PORKAB 2016 ini, untuk bisa mewujudkan ” Tri Sukses” yaitu sukses penyelenggaraan, sukses pembibitan dan pembinan atlet serta sukses pemberdayaan ekonomi kerakyatan,” kata H Ato Hermanto.
Sementara Ketua pelaksana PORKAB Ade Hendarsyah menjelaskan, cabang Olahraga (Cabor) yang dipertandingkan untuk PORKAB 2016 ini ada kenaikan bila dibandingkan dengan PORKAB tahun 2012 lalu. “Untuk tahun ini tercatat ada 22 Cabor dan pada 2012 dipertandingkan 16 cabor. Kenaiakan jumlah cabang Olahraga ini, sudah mulai bermasyarakat dibeberapa kecamatan. Cabang Olahraga baru yang kini ikut memeriahkan PORKAB 2016 diantarnya Balap Motor, Berkuda, Panahan, Tenis Lapangan, Gulat dan Futsal,” jelasnya.

Lebih lanjut Ade menambahkan, Sedangkan untuk venue yang akan dipergunakan oleh sejumlah cabor tersebut terdiri dari 17 veneu yang tersebar di empat kecamatan yaitu Garut Kota, Tarogong Kaler, Tarogong Kidul dan Karangpawitan.Dari 23 Cabor terdiri dari 198 nomor (kelas) yang dipertandingkan. Jumlah medali yang akan diperebutkan pada pesta Olahraga empat tahunan ini sebanyak 1.707 keping yang terdiri dari 198 medali emas, 198 medali perak dan 302 medali perunggu,”ungkapnya.
Sementara itu Sekum KONI Garut menuturkan,
Selain diselenggarakannya pertandingan sejumlah cabor, pada PORKAB 2016 ini diadakan pula pameran Ekonomi kerakyatan yang tempatnya di Sarana Olah Raga Merdeka( Kerkof). Peserta pameran ini sama merupakan perwakilan dari tiap kecamatan , untuk menampilkan produk unggulannya yang bisa dipasarkan kepada masyarakat, dengan harapan nantinya dapat meningkatkan perekonimian masyarakat dimasing-masing kecamatan.
Acara pembukaan dilaksanakan pada 23 Desember 2016, jumat malam pukul 19:00 wib, bertempat di Sarana Olah Raga (SOR) merdeka Kerkof yang dimeriahkan sejumlah kesenian tradisional Garut.” kolaborasi antara Dogar, Surak Ibra, Ega Purpusi dan Saung Ujo, jadi selain olahraga ada juga sisi ekonomi dan pariwisatanya,” ungkap Abdusy syakur.

Sedangkan untuk cabor yang harus mrngikuti babak kualifikasi terlebih dahulu ada dua yaitu cabor sepak bola dilaksanakan mulai (11/12/2016) dan Volly pasir (15/12/2016), Hal itu dikarenakan jumlah pesertanya cukup banyak, untuk sepak bola dilaksanakan di dua tempat lapang Jayaraga dan Rancabango.(J Gunawan)****

BAGIKAN