PPL Se-Kadungora Diasah Dalam Rakernis

108

GARUT,(KF).- Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kadungora Kabupaten Garut, menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis). Kegiatan tersebut dalam rangka pengawasan tahapan pemilihan Gubernur/ Wakil Gubernur Jawa Barat, Bupati/Wakil Bupati Garut 2018 mendatang, untuk mengawal proses penyelenggaraan pilkada di wilayah tersebut, bertempat di RM.Asep Stroberi, (Jum’at 23/2/2018)lalu.

Tiga Komisioner Panwascam Kadungora yakni Heri Fajar Rahmat, Cecep Taryaman S.Pd, dan Ridwan Soleh A.Md.Kom menjadi narasumber/ pemateri untuk memberi pemahaman perihal pengawasan bagi PPL.

Kordinator Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran, Heri Fajar Rahmat yang juga Ketua Panwascam Kadungora menerangkan, tentang jenis jenis pelanggaran dan tata cara mengidentifikasi pelanggaran pemilu di wilayah Kecamatan Kadungora.
Kordinator divisi Organisasi dan SDM, Cecep Taryaman S.Pd lebih pada soal kelembagaan, Aturan kerja serta perilaku pengawas pemilu menjadi titik utama yang harus dipegang PPL. Serta Kordinator Divisi Pencegahan Ridwan Soleh A.Md.Kom menekankan logika berpikir pengawasan serta dengan teknik pengawasan di wilayah desa masing-masing PPL.

Ketua Panwascam yang juga Kordiv Hukum dan Penindakkan Pelanggaran Heri menjelaskan, bahwa Rakernis ini untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) semua anggota PPL agar lebih memahami tugas dan fungsinya sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

“Tahapan Pilkada untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Bupati /Wakil Bupati sudah memasuki tahapan kampanye, untuk itu, kata Heri, semua petugas harus melakukan pengawasan supaya tahapan sesuai dengan regulasi baru yang dituangkan oleh KPU dan Bawaslu,

“Kami terus mengasah kemampuan PPL ini karena mulai 15 Pebruari kemarin sudah memasuki tahapan kampanye pasangan calon. Pada hari ini kami manfaatkan waktu menggelar Rakernis untuk pematangan pengawasan dalam pengawasan setiap tahapan,” kata Heri

Sambungnya, Setelah Rakernis ini diharapkan semua anggota PPL bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik,bisa mengawal tahapan Pilkada sesuai dengan aturan perundang undangan yang berlaku sehingga menjadikan hajat Demokrasi ini berkualitas,”Pungkasnya.

Penulis: J Gunawan

Editor : Indra R