Presiden RI Segera Keluarkan Perpres ASN Bayar Zakat di Baznas, Ini Tanggapan Baznas Garut…

68

GARUT, (KF).- Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut, Rd H Aas Kosasih S Ag M Si mennyampaikan, dalam waktu dekat ini Presiden RI Ir Joko Widodo akan merencanakan membuat Peraturan Presiden (Perpres) bagi para ASN agar membayar zakat lewat lembaga yang tersedia dalam hal ini Baznas. Karena Zakat bukanlah pilihan, melainkan kewajiban bagi siapa saja umat Islam yang memenuhi syarat, cetus Aas.

“Presiden bahkan menyinggung hal itu langsung di depan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Tentunya kami sangat mengapresiasi pernyataan Presiden Jokowi tersebut. Karena bagaimanapun,
ada aturannya pengumpulan zakat, siapa yang wajib mengeluarkan zakat, siapa yang berhak menerima zakat, amil zakatnya seperti apa. Intinya, otoritas dan wewenang semuanya tersedia di Baznas,” ungkap Aas kepada awak media saat ditemui di kantornya Jalan Pramuka, Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota, Kamis (16/05).

Selain itu, lanjut Aas, pernyataan Presiden sejalan lurus dengan perencanaan bersama Bupati Garut dan Baznas Kabupaten Garut yakni tentang pelaksanaan Payroll System (Pemotongan Langsung) Zakat Profesi dari para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut.

“Insya Allah pada hari Senin (20/05) besok, bertepatan dengan momentum bulan suci ramadhan, Baznas akan melaksanakan pengumpulan ZIS (Zakat, Infaq, Shidaqoh) sebagai bulan untuk Berbagi antara Muzaki dengan Mustahik. Yang tidak kalah pentingnya, pada tanggal 20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Nasional, mudah-mudahan menjadikan semangat kebangkitan Zakat di Kabupaten Garut,” tandas Ketua Baznas Garut.

Aas melanjutkan, tentunya hal ini akan menjadikan sejarah pertama dan utama secara Nasional apabila pelaksanaan Payroll System sukses terlaksana dengan baik, benar, dan bermanfaat, sehingga Baznas dan LAZ akan belajar tentang pelaksanaan Payroll System sebagai pengejawantahan dari implementasi Al-Qur’an Surat At-taubah 103.

“Juga tentunya hal ini seiring dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Garut terkait Program Percepatan Penanggulangan Kemiskinan yang sekarang sudah dibentuk Sekretariat Layanan Aktif Terpadu Rumah Harapan Masyarakat (Lapad Rumaha) Baznas Kabupaten Garut sebagai bagian Integral dari Program tersebut, yang dimana pada waktu telah dilaksanakan penandatanganan TRI PARTIT antara Pemkab Garut, para Kepala SKPD, Ketua Baznas dan Dirut Bank BJB Cabang Garut,” pungkas Aas Kosasih. (G13)

Editor : J Gunawan

BAGIKAN