Pariwisata Garut Harus menjadi Ujung Tombak Perekonomian Masyarakat Garut.

121
Ket foto: Saat menggelar jumpa pers

Oleh : J.Gunawan

GARUT.(KF).- Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Garut, gelar Konferensi Pers 100 Wonderful Events Indonesia, dan Gebyar Pesona budaya Garut ke-205 tahun, di Aula Fave Hotel Jalan Pedes Cimanuk, Kecamatan Tarogong Kidul, Rabu (21/02/2018) Sore.

Acara konferensi pers dihadiri Kadisparbud Budi Gangan S.H, M.Si, Wakil Ketua Komisi X DPR RI dari fraksi Golkar Ferdiansyah S.E,.M.M., Deputi pemasaran I Kemenpar I Gde Pitana yang diwakili kassubid promosi bidang multi media, Mei Edy Setyana , Kodim 0611 diwakili Kapten kj muji Rahayu, dan Polres Garut diwakili Kompol Agus beserta para tamu undangan.

Untuk ke -16 kalinya, Garut menggelar Gebyar Pesona Budaya Garut(GPBG 2018) yang akan berlangsung pada 22 Februari. Even ini bakal istimewa karena berisikan sejumlah prosesi budaya, dalam balutan Garut Creactive Expo sehingga otomatis menjadi ajang pertunjukan dan event budaya berbasis ekonomi industri kreatif

” GPBG ini masuk ke dalam kalender 100 wonderful Event Nasional 2018. Kegiatan akan dipusatkan di lapangan olahraga Ciateul Kabupaten Garut, ” Mei Edy Setyana ,

GPBG digelar berbarengan dengan HUT Kabupaten Garut ke – 205 dengan mengusung tema ” Gawe Rancage Masa Raharja” atau Kerja bersama untuk meraih kesejahteraan. GPBG juga akan menginspirasi para seniman dan budayawan. Selain juga akan membuka peluang sebagai media branding yang baik bagi pelaku seni dan budaya serta Industri Pariwisata.

Kegiatan ini akan diawali dengan jalan sehat bersama seluruh masyarakat Garut, pada 20 Februari 2018, dan grand opening pada 22 Februari 2018 pukul 08.00 WIB. Pembukaan akan diisi prosesi budaya dari perwakilan 7 Provinsi dan 10 Kabupaten Kota Se- Indonesia.

” Juga ada penampilan 20 Komunitas seni dan budaya, 9 Masyarakat adat, perwakilan dari kecamatan dan desa seluruh Kabupaten Garut. Puncaknya, akan dimeriahkan pagelaran Wayang Ajen yang fenomenal 24 Februari di Alun alun Karangpawitan, Ujarnya

Sementara Kadisparbud Kab.Garut Budi Gan gan menyampaikan, Sedangkan Garut Creactive Expo akan diisi lebih dari 150 stan UMKM termasuk perwakilan 4 negara yang akan ikut berpromosi. Rencananya, 6 duta besar dari negara negara sahabat akan menghadiri helatan menarik ini.

“Tentunya ini istimewa. Tujuannya untuk melestarikan seni dan budaya dan mempromosikan pariwisata. Yang paling penting adalah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Indonesia, ujar Budi dengan optimistis digelarnya acara ini juga akan menggerakkan perekonomian masyarakat karena wisata kabupaten garut ikut terpromosikan kepada wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara.

Ditempat yang sama wakil ketua komisi X DPR RI, Ferdiansyah, mengatakan. Garut memiliki wilayah yang delapan puluh persen adalah konservasi alam. Oleh karena itu, pariwisata harus menjadi ujung tombak perekonomian masyarakat kabupaten Garut.

Event Gebyar Pesona Budaya Garut harus bisa menginspirasi warga kabupaten Garut untuk lebih kreatif. Event itu harus dimanfaatkan sebaik baiknya untuk dengan perkebunan, pantai yang indah dan udara yang sejuk membuat Garut sering disebut sebagai.

“Swiss Van Java” ujarnya yang juga sebagai tokoh masyarakat Kab Garut sekaligus pemerhati pariwisata ini.

Editor : Indra R

BAGIKAN