Program Inovasi Desa, Menjadi Prioritas Pencegahan Stunting.

93
Ket Foto : Asep Jawahir salah seorang perwakilan dari Dinas DPMPD saat memberikan sambutan dalam Kegiatan Program Inovasi Desa.

Koran-Fakta.Com, {KF}. – PROGRAM Inovasi Desa (PID) tahun 2019, lebih mengarah pada antisipasi stunting yang dikemas melalui pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia ( SDM). “Untuk program inovasi desa, yang dikemas dengan antisipasi stunting bertujuan agar nantinya bisa meminimalisir penyakit tersebut terhadap masyarakat,” kata Teten Sutendi selaku Ketua Panitia saat ditemui di Sawah Lega Resort, Kamis (22/8/19) Siang.

Teten menambahkan, dalam rapat pencegahan stunting dan pengembangan Sumber Daya Manusia yang paling menjadi prioritas yakni program pencegahan stunting, karena stunting sendiri merupakan salah satu kondisi dimana anak mengalami gangguan pertumbuhan, yang mana menyebabkan tubuh lebih pendek dengan anak seusianya.

“Untuk kegiatan program inovasi dengan memprioritaskan pencegahan stunting di ikuti oleh lima kecamatan diantaranya, Kecamatan Wanaraja, Sucinaraja, Pangatikan, Sukawening, serta Kecamatan Karangtengah,” ujarnya

Masih dikahakan Teten, Target kegiatan ini sekali lagi bertujuan untuk mendorong warga masyarakat agar lebih peka dan peduli terhadap kebutuhan dasar masyakarat khususnya di bidang kesehatan, pemenuhuan Gizi, pola hidup sehat, lingkungan sosial yang sehat sehingga kasus kasus stanting teratasi.

“Saya berharap dengan kegiatan pelatihan ini ada mangfaatnya dan bisa diterapkan di setiap desa, agar nantinya bisa menemukan solusi pada saat ada kejadian kasus stunting,” paparnya

Asep Jawahir salah satu pejabat di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( DPMD) Garut, dirinya memberikan apresiasi serta mendorong program inovasi desa tersebut yang nantinya berharap setelah selesai acara pelatihan tentunya peserta bisa meinplementasikan serta memiliki kamampuan mengenai pengetasan stunting di lingkungan desanya masing-masing. Bahkan lebih jauh Asep menjelaskan untuk sekarang ini ada Perbub No 31 tahun 2019 tentang peran desa dalam pengetasan stunting,

“Saya berharap dengan adanya Perbup tersebut, nantinya desa bisa menggarkan APBDesnya untuk pencegahan stunting,” harapnya (Beni A)

•Editor : Indra R

BAGIKAN