Program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat

67

GARUT, (KF).- Program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!). Kini gencar disosialisasikan, oleh pemerintah kabupaten Garut, Jawabarat. Hal tersebut tentunya bertujuan untuk memudahkan masyarakat agar bisa menyalurkan aspirasi dan keluhannya melalui aplikasi tersebut.

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengatakan program ini mulai diluncurkan di Garut tahun 2017.

“Tujuannya untuk memudahkan masyarakat menyalurkan keluhannya. Ini merupakan salah satu langkah pemerintah untuk meningkatkan pelayanan publik,” ungkap Helmi di sela-sela acara Sosialisasi program Lapor! kepada para Camat di Garut, di Bukit Alamanda, Tarogong Kidul, Rabu (6/9/2017) Siang.

Helmi menjelaskan nantinya masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan keluhannya dalam berbagai hal. Mulai dari keluhan jalan rusak, masalah pelayanan di instansi pemerintahan, hingga permasalahan penerangan jalan.

“Caranya bisa lewat SMS ke 1708 dengan format GRT (spasi) keluhannya. Atau bisa juga lewat aplikasi Lapor! yang bisa diunduh di android,” katanya.

Helmi berharap agar dengan adanya layanan mobile ini, masyarakat dapat dengan mudah berinteraksi dengan pemerintah.

“Nanti ini dikordinir sama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo),” ungkapnya.

Helmi juga menambahkan, sebenarnya aplikasi ini telah diluncurkan pemerintah pusat sejak tahun 2013 lalu. Namun, kurangnya sosialisasi membuat aplikasi ini kurang diketahui masyarakat Garut.

“Memang sudah ada sejak 2013. Makannya sekarang kita gencarkan lagi, supaya pelayanan publik maksimal,”

“Sudah lumayan banyak juga kok yang lapor lewat aplikasi ini. Paling banyak warga yang lapor masalah pelayanan publik lah. Pasti kami akan tanggapi,” pungkasnya. (Indra R)

BAGIKAN