Proyek Pekerjaan Pengendalian Banjir Di Jln. Baratayudha Seakan Tak Bertuan

54
Ket Foto : nampak pekerjaan pengendalian banjir perkotaan yang berlokasi di jln. Baratayudha. (Foto oleh: Indra R)

Koran-Fakta.com (KF).- Proyek pekerjaan guna pengendalian banjir perkotaan, yang berada di Jl. Baratayudha, Kelurahan Kota kulon kecamatan Garut kota, kabupaten Garut Jawabarat. Terkesan tak bertuan. Pasalnya di lokasi pekerjaan tersebut sama sekali tidak memasang plang atau papan informasi proyek terkait pengerjaan tersebut.

Hal itupun tentunya menimbulkan pertanyaan dibenak masyarakat, bahkan kepala UPT PUPR Kecamatan Garut kota, H.Undang saat dihubungi koran-fakta.com melalui pesan Watshapnya mengenai hal itu hanya menjawab dengan singkat.

“ Ia kang, seharusnya memang terpasang papan informasi projects tersebut,” ujarnya Jum’at (8 Agustus 2020) Siang

Sementara, Erwin Kasubag TU UPT PUPR juga menyebutkan hal yang sama, memang belum ada papan informasi, akan tetapi sudah dibuat namun belum dipasang.

“ Sudah ada kang cuman belum terpasang, nanti saya kordinasi kang dengan pihak ke tiga yang mengerjakannya supaya di pasang,” ucap ia

Sementara Kepala Kelurahan Kota Kulon, Dede Nasir juga menyebutkan dirinya belum mengetahui lebih jauh mengenai program pekerjaan yang sudah hampir berjalan dua pekan tersebut.

“ kami belum tau jelas, kemarin juga sempat kontrol tapi belum tau jelas. Nanti kita kontrol lagi supaya dipasang papan informasinya,” singkat ia.

Informasi yang dihimpun Tim Koran-Fakta.com, proyek tanpa papan nama informasi proyek merupakan sebuah pelanggaran,  karena tidak sesuai dengan amanat Undang – Undang dan Peraturan lainnya.

Kedua peraturan dimaksud yakni Undang – Undang (UU) nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 70 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas Perpres nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Pada pasal 25 Perpres diatur mengenai pengumuman rencana pengadaan barang/jasa pemerintah, melalui website, portal LPSE, papan pengumuman resmi, dan sebagainya. Ini semakin memperkuat apa yang juga diatur dalam UU nomor 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Namun setelah Tim redaksi koran-fakta.com menemui salah seorang pekerja dilokasi tersebut menyebutkan, plang informasi atau papan proyek pekerjaan tersebut sudah terpasang beberapa hari kemarin. Padahal jelas pekerjaan tersebut sudah hampir berjalan dua pekan lebih.

“ Sudah kang Jum’at kemarin, sambil menunjuk ke tihang besi yang terpasang,” singkat pekerja dilapangan.

Namun ketika disinggung mengenai pemilik program pekerjaan tersebut, dirinya mengaku tidak tau, sehingga saat berita ini di terbitkan, belum ada keterangan resmi dari pemilik program pekerjaan tersebut. (Indra R)

Editor : Van’s

BAGIKAN