Puluhan Pelaku UMKM Ikuti Pelatihan Manajemen Ritel Modern

244

KF – Hingga saat ini masih banyak pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Garut yang belum memahami manajemen ritel modern. Padahal di era modern seperti ini, peran manajemen ritel yang baik sangat diperlukan untuk kemajuan sebuah perusahaan.
Dengan maksud memberikan pemahaman tentang manajemen ritel modern, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Selasa (25/10/2016) menggelar pelatihan bagi para pelaku UMKM dari berbagai daerah di Garut. Pelatihan seperti ini selama ini sudah rutin digelar.
Deputy Branch Manager Alfamart Bandung, Anton Widodo, menyebutkan tujuan diselenggarakannya kegiatan pelatihan ini tak lain agar para pelaku UMKM yang juga memiliki bisnis ritel memahami manajemen ritel modern. Ritel tradisional sudah saatnya tumbuh modern pada saat sekarang ini.
Dikatakan Anton, kegiatan ini juga merupakan bentuk sinergi yang dilakukan dengan pengusaha ritel tradisional, yaitu melalui program Outlet Binaan Alfamart (OBA). Program tersebut dijalankan dalam dua bentuk, pertama memberi pelatihan manajemen ritel, kedua menyediakan layanan pesan antar barang dagangan dengan harga khusus bagi member pedagang OBA.
“Bagi peritel tradisional yang menjadi member, akan dipilih menjadi penerima bedah warung di program tersebut. Hal ini sejalan dengan visi perusahaan, yakni menjadi jaringan distribusi ritel yang berorientasi pada pemberdayaan pedagang kecil. Untuk itu, pedagang ritel tradisional mesti dibekali ilmu manajemen modern agar mampu memiliki daya saing,” katanya.
Lebih jauh Anton menambahkan, materi yang diberikan dalam pelatihan itu adalah tentang tata cara penataan barang, pengaturan persediaan barang, manajemen keuangan (cash flow), serta tips mengamati tren pasar terkait produk yang sedang diminati.(Jay).

BAGIKAN