PWRI Jaya Garut, Serahkan Data Wartawan ke Polres Garut

383
Ket foto: Kabag Humas Polres Garut, AKP Ridwan Tampubolon SH saat menerima data keanggotaan PWRI Jaya

Wartawan: Tim KF

GARUT, (KF).- Menyusul adanya permohonan data keanggotaan wartawan yang berstatus keanggotaan Pemersatu Wartawan Reformasi Indonesia (PWRI) Jaya di wilayah Kabupaten Garut, Ketua PWRI Jaya Kabupaten Garut melalui Sekretaris menyerahkan data pengurus untuk memberikan informasi resmi ke Kabag Humas Polres Garut beserta jajarannya. Selasa (28/11/2017) Siang.

“Hasil koordinasi pengurus PWRI Jaya Kabupaten Garut dengan Polres Garut, ada aspirasi permintaan data base daftar nama wartawan yang bertugas di Kabupaten Garut khususnya wartawan yang berstatus anggota PWRI Jaya,” ungkap Sekretaris PWRI Jaya Kabupaten Garut, Igie N Rukmana.

Menurut Igie, data base susunan nama-nama pengurus PWRI Jaya Kabupaten Garut tersebut akan diserahkan resmi oleh Kabag Humas Polrea Garut kepada Kapolres Garut beserta jajarannya.

“Selain itu, kalau ada masalah-masalah keberatan atas pemberitaan anggota PWRI Jaya yang menyangkut dugaan pelanggaran kode etik Jurnalis, maka masyarakat bisa melakukan keberatan kepada PWRI. Tentu saja PWRI Jaya akan melakukan langkah sesuai prosedur yang diatur dalam AD/ART organisasi,” lanjut Igie.

Ditambahkan Igie, pihak PWRI Jaya hanya akan melakukan langkah penindakan dan pembelaan terhadap wartawan yang bertugas di daerah Garut yang berstatus anggota PWRI Jaya. Sedangkan wartawan yang bukan anggota PWRI, pengurus tidak bisa melakukan advokasi hukum jika pemberitaan mereka bermuara pada proses hukum di Polres Garut atau terjadi masalah antara pewarta dengan pihak instansi lainnya.

Sementara, Kabag Humas Polres Garut, AKP Ridwan Tampubolon SH mengaku sudah berkordinasi dengan Ketua PWRI Jaya Kabupaten Garut, dalam hal regulasi langkah-langkah membangun kemitraan dan mediasi yang bisa dilaksanakan di bidang tugas-tugas kewartawanan.

“Kami telah meminta data dan informasi kepada pengurus PWRI Jaya Kabupaten Garut, agar bisa memberikan informasi keberadaan wartawan yang masuk dalam organisasi PWRI Jaya. Hal ini untuk memudahkan koordinasi bila ada kegiatan Press Realese atau gelar perkara yang perlu dipublikasikan ke masyarakat,” tandas AKP Ridwan atau yang akrab disapa Opung oleh awak media Garut.

Selanjutnya, kata AKP Ridwan, bila sudah terdaftar di organisasi profesi jurnalis, nantinya dari masing-masing perwakilan media akan menjadi bagian Pokja Independent Polres Garut dengan dibekali Id Card untuk digunakan sesuai aturan yang diterapkan oleh Humas Polres Garut, tukasnya.

“Data base tersebut dalam rangka menciptakan hubungan kemitraan kerja antara jajaran Polres Garut berkaitan dengan tugas-tugas kewartawanan. Dengan adanya bio data wartawan pada kami, tentu saja akan mempermudah untuk melakukan komunikasi jika ada hal-hal yang perlu dikonfirmasi,” pungkas Kabag Humas Polres Garut.

Editor: J.Wan

BAGIKAN