Ratusan Sisiwan SLTA/Sederajat Ikut Ajang Pemilihan Duta Pelajar Industri Kreatif Tahun 2018.

133

GARUT, ( KF ).- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Garut menggelar Pemilihan duta pelajar 2018. Bertajuk “Mencari generasi yang peduli industri kreatif”

Event yang digelar di Gedung Pendopo, Jl. Kabupaten Garut pada Sabtu (8/9/2018) nampak begitu meriah dengan berbagai rangkaian acara.

Ketua Dekranasda Kab. Garut, Hj. Diah Rudy Gunawan mengatakan, acara Pemilihan Duta Pelajar Industri Kreatif 2018 merupakan ajang pencarian Pelajar yang peduli pada Industri Kreatif dan baru
pertama kalinya di Jawa Barat.

” Ini baru pertama kalinya di Jawa Barat dan kita (garut-red) pencetus pertama pemilihan ajang duta pelajar ini,” Ujar istri Bupati Garut Hj.Diah saat ditemui para awak media, disela kegiatan Ajang pemilihan Duta pelajar kreatif 2018.

Lanjut dikatakan rencananya agenda tersebut akan menjadi agenda tahunan Dekranasda di Kabupaten Garut. Bahkan pihaknya berharap setiap Kabupaten dan Kota bisa menggelar kegiatan yang sama.

Pihaknya berharap dari ajang duta pelajar ini tentunya dapat melahirkan anak-anak muda “Duta Industri Kreatif” yang peduli pada perkembangan industri terutama industri fashion, kerajinan dan kuliner khususnya yang ada di Kabupaten Garut.

” Kita tau semua Garut memang sangat kreatif, baik dari kulit, batik juga kuliner dan banyak lagi, itu semua jadi ikon kita, apalagi sekarang kita daerah Garut menjadi tujuan wisata jadi setiap weekend seringkali banyak dikunjungi wisatawan lokal,” ungkapnya.

Diah menjelaskan, grand finalis ini telah melalui beberapa fase atau tingkatan dari seleksi dan test tertulis, wawancara dilanjutkan pada fase karantina.

“Dalam fase karantina pemberian materi cukup banyak tentang perkembangan industri kreatif sehingga para finalis banyak mengetahui tentang industri yang berkembang. Kita menggali dulu , dan untuk juara 1, 2, 3 akan mendapatkan hadiah kuliah gratis di kota Bandung, selain itu juga ada juga juara harapan 1, 2, 3 dan juara favorit,” jelas ia.

Pemilihan Duta Pelajar Industri Kreatif Tahun 2018, diikuti 250 peserta dari utusan SLTA sederajat / SMK se kabupaten Garut diseklsi menjadi 60 peserta dan di seklsi lagi untuk masuk Gran Final sebanyak 30 peserta untuk juara di ambil 7 peserta putra/putri untuk menjadi Duta industri kreatif, Duta Batik, Duta kulit, Duta sutra, Duta Kris dan Duta kuliner

Inilah hasil Juara pemilihan Duta Pelajar Industri Kreatif 2018

* Putra

– Juara Pertama : Muhammad Fadil Dimayati, (SMAN 14 Garut)
– Juara Kedua. : Rifky Januar Nur (SMA Setia Bakhti Cilawu)
– Juara Ketiga : Abdulah Azmii Adiwijaya (SMAN 11 Garut)
– Harapan Satu : Slamet Muhammad Rahmat (SMA 15 Garut)
– Harapan Dua : Hilman Alamsyah (SMK Bina Usaha Garut)
– Harapan Tiga : Gunardi (SMAN 19 Garut)
– Favorit. : Adam Rifa Anshory (SMKN 2 Garut)

* Putri

– Juara Pertama : Salma Azhari (SMAN 1 Garut)
– Juara Kedua : Indah Sari Nurjanah (SMAN 1 Garut)
– Juara Ketiga : Herni Novianti Ardani (SMAN 11 Garut)
– Harapan Satu : Tepani Desmita Aryanti (SMAN 6 Garut)
– Harapan Dua : Leslie Audina Aidil Fitri (SMAN 19 Garut)
– Harapan Tiga : Salma Alivia Rosiadiah (SMAN 6 Garut)
– Favorit : Siti Naziyati Nur Haliza (SMAN 1 Garut)

Laporan : J Gunawan

Editor. : Indra R