Ratusan Warga Melakukan Aksi Penolakan Rencana Reaktivasi Rel Kereta Api Cibatu – Garut.

95
Ket foto : Ratusan Warga Saat melakukan Aksi Dihalaman Gedung DPRD Garut. (Foto oleh : Beni)

GARUT, (KF).- RATUSAN Warga yang tergabung dalam Forum Paguyuban Warga Rel Kerata Api Kabupaten Garut, mendatangi Gedung DPRD Garut. Rabu (31/10/18) Siang.

Kedatanga mereka ke DPRD Garut selain melakukan aksi penolakan rencana adanya reaktivasi rel kereta api Cibatu-Garut, Cikajang, juga ingin melakukan audensi dengan pihak DPRD untuk menyapaikan aspirasi diantaranya penolakan rencana reaktivasi rel kereta api Cibatu – Garut, Cikajang.

Saat ditemui di sela-sela orasinya di Gedung DPRD Sekretaris Forum Panguyuban Rel Kereta Api Idad Subarnas mengatakan, kedatangan warga Forum Panguyuban Rel Kereta Api ke DPRD Garut ini, ingin menyampaikan penolakan terkait rencana reaktivitasi rel kereta api oleh Pemrov Jabar melalui PT. KAI.

“Kedatangan kami ke DPRD Garut, ingin memperjuangkan hak kami, dan intinya kami menolak reaktivasi rel kereta api, tanpa ada kejelasan yang pasti dari pihak PT. Kerata Api ” katanya

Lebih lanjut dirinya menambahkan, dengan adanya rencana reaktivitasi jalur rel kereta api Cibatu – Garut, Cikajang sampai sekarang pihak PT KAI belum ada sosialisai dengan warga, sehingga bisa dikatakan rencana ini belum matang dan perlu dipertanyakan agar nasib warga yang menempati lahan bantaran rel kereta api bisa ada kejelasan.

“Kami warga resah dengan adanya rencana ini, dan bahkan sampai sekarang pun warga masih menunggu informasi yang jelas terkait rencana tentang reaktivasi, karena tidak ada kejelasan maka kami pun melakulan audesi ke DPRD “ucapnya

Sementara itu Ketua Komisi B DPRD Garut Dudeh, mengatakan. Komisi B siap menyampaikan aspirasi dari Forum Panguyuban Warga Rel Kerata Api Garut ini, sampai nantinya bisa duduk bersama dengan pihak Bupati, Dalop Bandung, serta Kapolres agar reaktivasi jalur rel kereta api ini bisa ada kejelasan dari pihak PT. KAI, dan warga pun mendapatkan informasi yang valid.

“Sampai saat ini pihak DPRD, belum pernah ada pertemuan baik dengan Bupatu, Dalop Bandung, maupun Kapoles, terkait rencana tentang reaktivasi jalur kereta api, Garut – Cibatu, Cikajang ” paparnya

Selain itu pihak DPRD meminta ke pihak PT. KAI agar rencana reaktivasi ini ditunda dulu, sampai pihak DPRD, Bupati, Kapolres, Dalop, dan warga bisa duduk bersama terkait rencana reaktivasi rel kereta api ini agar nantinya tidak terjadi miskomunikasi

“Dari warga sebenarnya mendukung program pemerintah terkait reaktivasi rel kereta api ini, tetapi warga meminta adanya kejelasan, terutama dari segi konfensasi, serta lahan yang ideal untuk relokasi warga yang menduduki jalur rel kereta api “, Ungkapnya.

Laporan : Beni

Editor : Indra R

BAGIKAN