Ribuan Santri Dari Berbagai Pelosok di Garut Ikuti Upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2019

242

Koran-Fakta.Com (KF).- Tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 tahun 2015. Tema peringatan tahun 2019 adalah “Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia”.

Ribuan santri dari berbagai pelosok mengikuti upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2019 tingkat Kabupaten Garut, dikawasan Sarana Olah Raga (SOR) Ciateul, Tarogong Kidul, Garut, Selasa (22/10/2019).

Bupati Garut Rudy Gunawan menyampaikan, dalam tema santri Indonesia untuk perdamaian dunia, adalah bagaimana santri bisa menjadi contoh dan berprilaku sesuai Al Qur’an dan Sunnah. “HSN ini adalah momentum kita semuanya untuk memperbaiki, Umat Islam di Indonesia adalah umat yang toleran, jangan sampai dikatagorikan oleh pihak barat sebagai terorisme dan radikalisme, Islam itu Rahmatan Lil alamin,” kata Bupati.

Sementara itu, Rois Syuriah Nahdlatul Ulama Kabupaten Garut, Rd. KH. Amin Muhidin, mengatakan sangat apresiasi atas antusias dari semua pihak, terutama dukungan Pemerintah Daerah Garut. Momentum hari santri ini adalah wujud dari pemersatu ummat.

Ia menyebutkan, umat dan ulama di banyak tempat punya hasrat besar untuk menegakkan agama Islam dan mempertahankan kedaulatan Republik Indonesia. Niat itu tertuang dalam pertimbangan Resolusi Jihad bahwa mempertahankan dan menegakkan Negara Republik Indonesia adalah termasuk sebagai satu kewajiban.

“Kegiatan ini bagian Resolusi Jihad. Momen HSN Ini sangat luar biasa, Pak Bupati memimpin upacara, hadir juga pak Dandim, pak Kapolres, MUI dan para pimpinan pondok pesantren, ini sangat luar biasa,” ujarnya

Menurut Muhidin, tak ada pemisah atau dikotomi sesama ormas Islam, NU, Muhammadiyah, Sarikat Islam, Persatuan Islam dan lainnya, semua saudara. “Saya yakin dengan momentum hari santri ini bisa menjadi modal untuk terus bersama-sama memajukan bangsa dan negara khususnya di Kabupaten Garut,” ucapnya.

Sementara itu terpisah, Ketua Pelaksana kegiatan Hari Santri Nasional Deni Rangga jaya mengucapkan, terima kasih kepada yang telah hadir, Bupati Garut H Rudy Gunawan, Wakil Bupati Garut dr. Helmi Budiman, dan unsur dari Porkopinda Kabupaten Garut,segenap ormas Islam se-kabupaten Garut,para tokoh Islam, para Ulama se-kabupaten Garut,para santri se-kabupaten Garut,juga kepada TNI dan Polri atas partisipasinya. Sehingga acara Hari Santri Nasional di kabupaten Garut dapat berjalan lancar,sukses dan Damai.”singkatnya

Kendati Dinas Pendidikan Garut tidak meliburkan kegiatamn belajar mengajar. Namun, banyak kalangan pelajar yang mengikuti kegiatan HSN tersebut. Mereka memakai sarung, kemeja koko dan peci, serta pakaian muslim tumpah ruah memadati kawasan SOR Ciateul .Peringatan HSN diisi dengan berbagai tampilan kreasi seni yang bernapaskan Islami, juga dihadiri para pejabat Pemkab Garut, unsur TNI, Polri, dan elemen masyarakat lainnya.(J Gunawan**)

BAGIKAN