Ribuan Warga Masyarakat Garut, Antusias Menyaksikan Pertunjukan Barongsai

119
Ket Foto : Penampilan Barongsai saat mengelilingi jalan diwilayah perkotaan.

Koran-Fakta.com,(KF).- Dengan mengusung Tema” Kirab Budaya Liong dan Barongsai”, Perayaan Cap Go Meh di Kabupaten Garut berlangsung semarak, meski diguyur hujan ribuan warga antuasias disepanjang Jalan menyaksikan pawai pertunjukkan kebudayaan. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian terakhir dalam perayaan Imlek pada 2020.

Perayaan Cap Go Meh di Kabupaten Garut berpusat di Vihara Darma Loka Jalan Guntur Kec. Garut Kota, Kabupaten Garut, Minggu (09/02/2020)

Pantauan dilapangan, pawai dimulai pukul 13.00 WIB. Mengambil start di vihara terbesar di Wilayah Kabupaten Garut ini, kirab budaya Cap Go Meh, dengan menyuguhkan tontonan menarik. Berbagai macam jenis barongsai, liong, dan dipadukan dengan kesenian tambur mulai mengelilingi jalan Kota Garut.

Liukan dari pemain barongsai dan liong yang atraktif menambah semarak pertunjukan tersebut. Tak sedikit penonton yang menggoda barongsai saat memberikan angpao hingga mengundang tepuk tangan meriah.

Ketua komunitas Sancang Rexy Yudistya menyampaikan Perayaan Cap Go Meh disebut juga perayaan Yuan Xiao Jie, Ini merupakan hari terakhir dari perayaan Tahun Baru Imlek.

“Cap go me berarti hari ke -15 dimalam Tahun baru Imlek, Cap artinya sepuluh, Go artinya lima, dan Meh berarti malam,” Ungkapnya

Lebih jauh mengatakan Perayaan kirab ini, bukan sekedar pentas kebudayaan saja, Namun sebagai ritual yang memiliki misi untuk mendoa kan negeri ini agar kian sejahtera dan terbebas dari bencana.

“Yang penting negara dulu, setelah itu keluaraga, leluhur baru diri kita pribadi,” Ucapnya

Rexy berharap Cap Go Meh Tahun 2020 ini, Saat ini Komunitas Sancang beranggotakan 30 orang terdiri dari barongsai, liong dan pemain musik.mudah mudahan setiap tahunnya kita bisa lebih berkembang dan bertambah anggota lebih banyak,

“kita di sini tidak hanya minoritas saja, tapi siapa saja dikabupaten Garut yang mau berpartisipasi jadi anggota tentunya kita terima,” Pungkasnya

Menurut salah satu warga ciwalen Agus tomy mengatakan baru tahun ini kirab barongsai bisa terlihat lagi

“Sudah lama sekali penampilan barongsai dan liong ini, hampir selama 3 tahun untuk melihat atraksi barongsai dan Liong ini,” Ucap Agus tomy. (J Gunawan)

Editor : Indra R

BAGIKAN