RSU dr Slamet Kenalkan Sistem informasi dan komunikasi Jejaring Rujukan Online

301

Foto oleh:Indra R  Inovator: dr.Zaini Abdilah
Foto oleh:Indra R
Inovator: dr.Zaini Abdilah
KF.-Sistem informasi dan komunikasi jejaring rujukan Online (Si jari Palin) dan hospital informasi manajemen system (HIMS).kini diperkenalkan melalui pameran Mini Exspos inovasi yang digelar di Gedung Pendopo Alun-alun kabupaten Garut, Selasa(29/11) Siang.

“Latar belakang diadakannya komunikasi jejaring rujukan RSU dr Slamet itu dikarenakan sering terjadi Overload pasien terutama diruang UGD, selain dari srana prasarana yang tidak memadai antara kapasitas Ruang dengan jumlah pasien di masyarakat kabupaten Garut. Selain itu juga pasien masih banyak rujukan baik dari Puskesmas atau klinik serta praktek bidan swasta,itu yang merujuk pasien ke UGD yang sebetulnya pasien tersebut tidak memenuhi kriteria untuk penanganan ke Gawat Darurat. Jadi ketika petugas di Puskesmas atau klinik yang ingin merujuk pasiennya ke Rumah sakit ia bisa mendaptarkan dulu data pasiennya secara detail baik keluhannya, diagnosisnya di faskes tersebut, yang nanti akan dibaca oleh petugas UGD dari RS dr Slamet dan memberikan invut. Apakah pasien tersebut diterima atau ditolak. Contoh ditolak dengan alasan kapasitas ruangan tidak memenuhi kedua pasien tersebut Berdasarkan dr yang ada dirumah sakit bisa dirawat di puskemas atau di klinik dengan memberikan advis dalam aplikasi tersebut. atau untuk kasus pasien tersebut tidak bisa ditangani di Rumah sakit karena keterbatasan sarana prasarana atau tenaga profesional spesialis maka RS Dr Slamet bisa memberikan advis ke RS yang ada di kota misalnya ke RSHS.” Ucap dr Zaini Abdillah selaku inovator saat ditemui wartawan.

Lanjut ia yang pertama dengan sistem impormasi dan komunikasi jejaring, “Rujukan pasien Online antara Puskesmas atau klinik serta praktek bidan swasta dengan RSU dr Slamet Garut. Penyampaian kondisi pasien pra rumah sakit, memudahkan Faskes TK I mendapatkan impormasi mengenai sarana prasarana serta tenaga medis yang tersedia di RSUD dr Slamet, dan tenaga medis Rumah sakit pun bisa memberikan Advis terhadap pasien sebelum pasien rujuk serta mengurangi Overload pasien di Rumah Sakit.”Ujarnya.

Wakil Bupati Garut Dr Helmi Budiman saat melihat sistem impormasi dan komunikasi Jejaring Rujukan pasien onlin
Wakil Bupati Garut Dr Helmi Budiman saat melihat sistem impormasi dan komunikasi Jejaring Rujukan pasien onlin

Sementara Wakil Bupati Garut Dr Helmi Budiman memberikan apresiasi dengan  Sistem informasi dan komunikasi jejaring rujukan Online (Si jari Palin) yang diadakan oleh RSu Dr Slamet tersebut.” Jelas ini akan sangat membantu pihak Puskesmas dan Rumah Sakit itu sendiri, jadi Rumah sakit bisa memantau, memperkirakan berapa pasien yang akan datang diluar yang mendadak. Karna kalau jaringan ini terkonek dengan semua Puskesmas ataupun klinik pihak Rumah sakit bisa memperkirakan dan mempersiapkan,” Katanya.

Lanjut ia dengan sistem seperti ini jelas banyak manfaatnya bagi pasien, karna pasien bisa segera tertangani, dan pasien diberikan pilihan apakah mau disini(RSU dr Slamet) atau ke Rumah sakit lain. Jadi hal ini jelas lebih memudahkan pasien, dan sistem ini harus segera cepat diberlakukan, Pungkasnya.(Dra R/JG)

BAGIKAN