RSUD dr Slamet Garut, Gelar Expo Akreditasi

231

GARUT, ( KF )- Guna meningkatkan mutu dan memberikan pelayanan kesehatan yang ada di RSUD dr Slamet Garut, kepada yang lebih baik lagi kedepannya dan mendapatkan akreditasi. RSUD dr Slamet terus berbenah sebagai parameter baik atau tidaknya pelayanan di Rumah Sakit Kabupaten Garut.

Sementara itu dr. H. Maskut Farid, MM, Direktur RSUD dr. Slamet mengungkapkan, Sebagai bukti dan komitmen RSUD dr.Slamet Garut, pihaknya siap melakukan peningkatan atau perbaikan kualitas dari segala elemen untuk mendapatkan akreditasi Rumah Sakit pada tahun ini.

“Kalau kita terakreditasi Insya Allah kita lebih baik dan bisa dipertanggung jawabkan. Untuk itu kami sepakat untuk bisa melaksanakan layanan Rumah Sakit, berdasakan intruksi dan harapan pimpinan, masyarkat dan legislatif didorong ke arah akreditasi.
Semua lini diperbaiki, tidak hanya kebersihan, tidak hanya keramahan, tidak hanya harga yang murah, tapi semua lini, mulai dari dokternya, pelayanan komunikasinya, terapinya, alat-alatnya, bangunan, dan lainnya,” ujarnya.

H. Maskut Farid, MM, Direktur RSUD dr. Slamet

dr Maskut menjelaskan, Jadi ada 1260 lebih elemen dari administrasi hingga implementasinya yang harus kita laksanakan dan kita perbaiki untuk mengacu pada Rumah Sakit yang baik,” jelasnya saat ditemui di Ruang Kerjanya usai mengikuti Expo Akreditasi RSUD dr. Slamet, Rabu (12/7/2017).

Dalam Undang-undang nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah sakit, dimana Rumah Sakit harus terakreditasi. Dengan demikian, hal itu bisa menjadi acuan dalam menilai sejauh mana Rumah Sakit tersebut melaksanakan pelayanan sesuai standar yang ditetapkan.

Perawat dan dokter RSUD dr Slamet saat mengikuti Expo

“Hak pasien dan kewajiban rumah sakit ini harus dipenuhi sebaik-baiknya, untuk itu pertanggung jawaban kita. Sangkan bisa mengklaim apakah pelayanan kita sudah baik atau tidak, kita siap buktikan secara ilmiah atau akademis melalui akreditasi nanti, Kalau kita sudah terakreditasi ini sudah baik dan sudah sesuai dengan aturan yang ada, tapi kalau misalnya belum ini kita usahakan terus, dilakukan evaluasi kedepan guna bisa lebih baik lagi, tapi kita rencanakan agar tahun ini kita bisa dapat akreditasi (Paripurna) yang dilakukan oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS, red). Dimana semua harus terimplementasi sesuai Standar Operasional Prosedur yang telah ditentukan penilai akreditasi dari Komite Akreditasi Rumah Sakit di Jakarta,” ungkap Maskut.

Termasuk diantaranya pelaksanaan Expo Akreditasi RSUD dr. Slamet Garut yang digelar sekarang hingga dua minggu kedepan, yang ditujukan sangkan bisa merubah budaya kerja menjadi lebih baik.

”Kami lakukan program kegiatan supaya dipahami oleh semua jajaran pegawai di RSU dr. Slamet Garut. Semua karyawan wajib ikut pameran ini, saya juga ikut, ada 15 bab atau pokja, diantaranya apa yang harus dilaksanakan sebagai karyawan disini mulai dari perawat, customer service dan pegawai lainnya. Setelah selesai, kita tahu yang harus kerjakan seperti apa. Nah, setelah ini kemudian evaluasi lagi, sampai semua karyawan disini bekerja sesuai dengan standar yang telah ditentukan,” pungkasnya.( J Wan/ dra R)***

BAGIKAN