RSUD dr.Slamet Garut Peringati Hari Hipertensi Dunia.

120

GARUT,(KF).- RSUD dr.Slamet Garut bekerjasama dengan laboratorium Klinik Prodia, menggelar penyuluhan bagi masyarakat di wilayah kabupaten Garut, dalam rangka Hari Hipertensi Dunia dengan tema “Ketahui Tekanan Darahmu”. (17/5/2018) siang.

Kegiatan penyuluha yang digelar di Area Poli Dalam, Rumah Sakit Umum Daerah kabupaten Garut tersebut, diikuti puluhan warga masyarakat diwilayah kabupaten Garut yang pada kesempatan tersebut tengah memeriksakan kesehatan.

Dr. Yanti widamayanti, Spesialis Penyakit Dalam yang juga pemateri pada kesempatan tersebut saat ditemui sejumlah media mengatakan, kegiatan penyuluhan kepada pasien tersebut merupakan kegiatan rutin RSUD dr. Slamet Garut, PKRS rumah sakit untuk meningkatkan pasien agar lebih mandiri dalam meningkatkan kesehatan.

Poto: Dr. Yanti widamayanti, Spesialis Penyakit Dalam

Sebetulnya penyuluhan seperti ini kita rutin lakukan, dan kebetulan hari ini Kita lakukan penyuluhan tentang tekanan darah tinggi dan komplikasinya dalam rangka memperingati Hari Hipertensi se-Dunia, karena pasien yang memiliki tekanan darah tinggi memeriksakan dirinya ke Poli dalam makanya kita lakukan penyuluhan dalam rangka hari Hipertensi Dunia ini di area Poli dalam ini,” katanya.

Survei indikator kesehatan setiap tahunnya selalu ada dari kementerian kesehatan, atau survei kesehatan rumah tangga SKRT, yang terakhir itu tahun 2015, jumlah penderita hipertensi di Indonesia kurang lebih ada sekitar 30% dari jumlah penduduk di Indonesia. Itu yang terdata.

Tapi sebetulnya itu saya kira seperti penomena gunung es, karna hingga sampai saat ini masih banyak yang tidak terdiagnosis. Kalau data baru dari kementerian kesehatan saya tidak tahu, tapi untuk di rumah sakit sendiri itu dari 1000 pasien yang berobat ke ke Poli dalam RSUD dr.slamet, sekitar 25% itu adalah Penderita hipertensi yang rawat jalan,” jelasnya.

Oleh : Indra R

Editor : J Wan